Sukses

3 Trik Cerdas ini Lancarkan Perjalanan Mudik Anda

Anda akan melakukan perjalanan mudik yang jauh dengan jalur darat? Agar lancar di perjalanan, simak tips berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Mudik tentu menjadi momen yang paling dinanti setelah satu bulan berpuasa, terutama bagi Anda yang tinggal jauh dari keluarga.

Namun, bagi Anda yang akan melakukan perjalanan mudik, tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, salah satunya adalah peta. Peta menjadi satu hal yang sangat penting bagi Anda yang memilih untuk menempuh jalur darat.

Tidak perlu khawatir dan repot lagi, sekarang Anda bisa memanfaatkan aplikasi peta pada ponsel pintar Anda, yaitu Google Maps.

Beberapa waktu belakangan, tim liputan6.com berhasil menemukan cara cerdas untuk memanfaatkan fitur Google Maps di ponsel Anda, agar perjalanan mudik terasa lebih mudah.

1. Ukur waktu tempuh dengan memasukkan beberapa tempat sekaligus

Baru-baru ini, Google Maps meluncurkan fitur baru, di mana Anda bisa memasukkan beberapa tempat sekaligus dalam satu kali navigasi. Misalnya, Anda tengah menyetir ke tempat A, di tengah perjalanan Anda kehabisan bensin dan mau tidak mau, Anda harus mencari pom bensin terlebih dahulu, sebelum melanjutkan perjalanan.

Di sini secara otomatis Google Maps akan melakukan detour dan memberitahu Anda berapa lama waktu tempuh yang diperlukan untuk menuju ke tempat A.

Cara ini juga berfungsi apabila Anda akan melakukan dua pertemuan sekaligus di satu hari. Dari awal, Anda dapat memasukkan navigasi menuju ke tempat A dan tempat B, sehingga Anda akan diberitahu berapa lama waktu yang diperlukan. Ini akan sangat membantu Anda merencanakan sisa hari dengan lebih baik.

2. Gunakan fitur Street View untuk memeriksa kondisi sekitar Anda

Seperti halnya orang lain, mungkin Anda sedang beristirahat di sebuah tempat, seperti hotel dan ingin memastikan bahwa tempat tersebut dekat dengan fasilitas umum, seperti restoran atau mini market. Anda dapat menggunakan fitur Street View di Google Maps, fitur ini akan membantu Anda secara virtual untuk menemukan restoran atau mini market terdekat. Ketika Anda mengetik nama tempat tersebut di Google Maps, kemudian Anda tinggal mengarahkan ikon robot kuning di pojok kanan bawah, ke atas nama tempat tersebut. Ajaib, Anda akan mendapatkan informasi dan arahan untuk segera tiba di lokasi yang Anda cari. 

3. Fitur Offline, Google Maps tanpa koneksi internet

Menggunakan Google Maps di area dengan koneksi yang tidak stabil bisa membuat Anda repot, terutama saat Anda harus mencari sebuah alamat tertentu.
Anda tidak perlu khawatir, sekarang Google Maps memiliki fitur yang dapat menyimpan area yang akan Anda kunjungi di ponsel dari jauh hari sebelumnya. Sehingga, ketika Anda telah berada di sana dan tidak memiliki koneksi internet sama sekali, Anda akan tetap dapat menggunakan navigasi Google Maps dengan lancar.

Caranya?
Dalam aplikasi Google Maps, ketik nama tempat yang akan Anda kunjungi. Setelah mengetik nama tempat di kotak putih paling bawah, pilih Unduh dengan memperbesar atau memperkecil peta di layar ponsel Anda. Setelahnya, beri nama pada tempat tersebut dan pilih Simpan atau Unduh area offline di menu utama Google Maps.
Masuk ke pilihan Area offline dan tekan tanda + berwarna biru di pojok kanan bawah, maka Maps offline Anda siap digunakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.