Sukses

3 Hal Penyebab Hilangnya Fokus dan Konsentrasi Saat Bekerja

Hilang fokus dan konsentrasi saat bekerja sangat mengganggu, simak penyebabnya.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang dan mungkin termasuk Anda sering menghadapi masalah kesulitan konsentrasi dan mudah terdistraksi saat bekerja, sehingga pekerjaan terhambat. Bahkan saat mencoba untuk kembali fokus, Anda merasa sangat kesulitan dan berpengaruh pada performa pekerjaan.

Tak hanya pekerjaan, kurangnya konsentrasi juga dapat memberikan pengaruh cukup signifikan pada Anda dan cenderung merugikan, seperti saat berkendara, berbincang dengan teman, dan aktivitas lainnya. Bagi Anda yang tengah menempuh pendidikan, kurang konsentrasi jelas menghambat proses belajar dan berpengaruh pada ujian atau tes.

Seperti dilansir dari Boldsky.com pada Rabu (29/6/2016), Liputan6.com merangkum beberapa penyebab Anda kehilangan konsentrasi dan sebagian hal tersebut dicegah agar performa kerja kembali baik.

1. Terlalu sering menggunakan media sosial

Perkembangan teknologi dan semakin mudahnya manusia terhubung satu sama lain oleh internet membuat kebutuhan informasi pun juga ikut meningkat. Bahkan Anda sendiri pun, tak jarang bolak-balik memeriksa gawai untuk melihat stasus atau informasi tentang seseorang lewat platform media sosial. Penggunaan media sosial yang berlebihan juga menjadi faktor utama penyebab mudahnya seseorang mengalami distraksi dan kehilangan konsentrasi. Melihat ponsel setiap beberapa menit atau mungkin update status di media sosial jelas akan menghancurkan konsentrasi Anda.

2. Kelaparan

Salah satu kebutuhan manusia di dunia adalah makan. Dalam keadaan lapar, konsentrasi akan menjadi berantakan dan fokus pun terpecah. Ketika seseorang merasa lapar, tak ada yang bisa mengalihkan perhatian mereka dari hal tersebut. Sehingga menjaga pola makan tetap baik, akan membantu konsentrasi Anda kembali dan tetap fokus dalam bekerja.

3. Depresi

Faktor terbesar lainnya yang bisa mengganggu konsentrasi dan fokus seseorang adalah depresi. Stres yang ekstrem dan rasa cemas berlebihan menyebabkan fokus Anda bisa hilang. Banyak cara untuk meredakan stres yang terlalu berlebihan, seperti menulis, tarik nafas dalam-dalam, sampai bermeditasi sehingga mengembalikan fokus.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.