Sukses

Jangan Gunakan Produk Ini pada Permukaan Wajah Anda

Hindari bahan-bahan berikut ini untuk merawat kulit wajah Anda.

Liputan6.com, Jakarta Banyak sekali cara perawatan wajah D.I.Y yang beredar, menyarankan Anda menggunakan berbagai peralatan dan bahan dasar dari dapur sendiri. Namun ternyata, tidak semua aman digunakan. Sebaiknya Anda menghindari merawat kulit wajah dengan beberapa produk berikut, seperti yang dilansir oleh Stylecaster.com, Selasa (28/6/2016).

1. Soda kue

Tekstur soda kue yang agak kasar menyerupai tekstur dari face scrub namun pH dari soda kue terlalu alkalin (terlalu basa) untuk digunakan di kulit wajah. Keseimbangan pH  sangat penting untuk kesehatan kulit.
Tingkat pH dari kulit adalah 4,5- 5, sedangkan pH dari soda kue adalah 9. Menggunakan produk yang tingkat basa nya terlalu tinggi akan mengganggu dan merusak  lapisan pertahanan alami yang ada di kulit, padahal lapisan tersebut sangat penting untuk menjaga kulit dari serangan bakteri. Selain itu menggunakan soda kue di wajah juga menyebabkan hilangnya kelembapan, serta mengganggu kemampuan kuit untuk regenerasi.

2. Lemon

Berlawanan dengan soda kue, lemon memiliki kadar pH, artinya tingkat asam nya terlalu tinggi untuk kulit wajah. Menghisap lemon mampu untuk menghancurkan lapisan pelindung (lapisan enamel di gigi), bayangkan jika air perasan lemon langsung digunakan di kulit wajah. Minyak lemon
juga bersifat phototoxic, artinya jika minyak tersebut kena kulit dan kulit kena sinar matahari, maka kulit bisa melepuh terbakar.

3. Hairspray

Ada tips yang menyatakan bahwa hairspray jika disemprotkan di wajah bisa menjadi makeup-setting spray (produk agar rias wajah tahan lama). Padahal, jika ini dilakukan bisa terjadi kemungkinan kulit wajah akan iritasi dan jadi sangat kering, bahkan bisa terjadi penyumbatan pori-pori. Jika ingin makeup tahan lama,  jangan pakai hairspray di wajah tapi pakai primer dan makeup- setting spray khusus yang dibuat untuk wajah.

4. Pasta gigi

Pasta gigi diklaim mampu mengeringkan jerawat. Memang itu betul, tapi resiko lainnya adalah pasta gigi akan menyerap kelembapan yang ada di kulit sekitar jerawat, bahkan bahan-bahan kimia yang ada di pasta gigi beresiko untuk membuat kulit wajah terbakar.

5. Gula

Banyak tips yang mengklaim bahwa gula bisa digunakan sebagai scrub wajah, padahal kulit wajah jauh lebih tipis dibandingkan kulit tubuh. Scrub dari gula dan minyak zaitun sangat baik untuk kulit tubuh, tapi untuk kulit wajah yang tipis dan peka, scrub ini terlalu keras dan kasar.
Ujung-ujung gula yang tajam juga mampu untuk membuat sayatan dan sobekan kecil di kulit wajah yang mengakibatkan penuaan dini.

Ardi Suryaatmaja

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.