Sukses

Penggemar Kopi? Ini Triknya untuk Membuat Rasa Kopi Lebih Lezat

Anda gemar meminum kopi? Berikut ini adalah trik untuk membuat secangkir kopi dengan rasa sempurna. Penasaran? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Kopi telah mengalami evolusi yang begitu mengejutkan. Sebelum adanya Starbucks, kopi menjadi minuman biasa untuk mendampingi Anda di pagi hari. Sekarang? Dengan banyaknya kemunculan kedai kopi, minuman berkafein ini telah membuat semua orang berlomba-lomba dan berusaha keras untuk menemukan rasa secangkir kopi yang paling sempurna.

Dilansir dari mydomaine.com, Selasa (28/6/2016), menurut sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam Scientific Reports, untuk menghasilkan satu cangkir kopi yang sempurna mungkin lebih sulit dibanding yang pernah Anda bayangkan.

Para peneliti dari University of Bath bekerjasama dengan kedai kopi lokal Colonna and Smalls untuk menguji coba berbagai biji kopi dengan temperatur berbeda dan melihat bagaimana cara tersebut dapat mempengaruhi rasa kopi.
Hasilnya adalah mereka menemukan bahwa semakin dingin biji kopi, maka proses penggilingan akan lebih konsisten dan sempurna, sehingga ini juga otomatis akan meningkatkan rasa kopi.

"Sangat penting untuk memakai biji kopi dengan temperatur pada tingkat yang sama. Rasanya masih aneh bahwa biji kopi harus didinginkan terlebih dahulu, sebelum digiling," papar Chris Hendon, seorang ahli kimia.

Tentu saja, setiap orang memiliki selera yang berbeda dalam meminum kopi. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena mesin penggilingan kopi memiliki fitur untuk mengatur suhu yang bervariasi.
Menurut Chris, kuncinya ada pada konsistensi.

Intinya, untuk mendapatkan rasa terbaik dari biji kopi adalah menempatkan mereka dalam tempat kedap udara, membekukan selama beberapa jam, kemudian giling, maka Anda akan mendapatkan kesempurnaan rasa kopi dalam sebuah cangkir.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.