Sukses

20 Pebalet Indonesia Terpilih Tampil Bersama Penari Australia

Liputan6.com, Jakarta Meski sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1920-an, hingga kini balet belum menjadi kesenian populer di Indonesia. Sebab itu, tak banyak kelompok balet internasional yang memilih Indonesia sebagai destinasi pentas.

Maka ketika West Australian Ballet (WAB) akan datang ke Jakarta, sambutan pelaku dan pecinta balet pun sangat antusias. Mereka akan pentas di Taman Ismail Marzuki pada 6-7 Agustus 2016. WAB akan menjadi kelompok balet internasional pertama yang tampil di Indonesia dalam pentas internasional.

Bekerja sama dengan ballet.id, Yayasan Bina Balet Indonesia melakukan audisi bagi pebalet Indonesia berbakat untuk tampil bersama WAB. Sebanyak 20 penari dari Indonesia dengan rentang usia 11-35 tahun terpilih dari audisi yang digelar di TIM, 19 Juni 2016 lalu.

Nantinya mereka akan berkolaborasi menghadirkan karya neo klasik balet arahan koreografer Australia. Selain pentas bersama, ajang ini juga menjadi misi pertukaran kebudayaan.

"Kedatangan kelompok balet Australia ke Jakarta sangatlah penting dalam membangun jembatan budaya kedua negara," ujar Aurelien Direktur Artistik WAB.

Kami pun berkesempatan melihat pentas kecil dan persiapan pebalet Indonesia untuk tampil prima bersama WAB. Kerja sama yang didanai pemerintah Australia Barat ini ingin menunjukkan kebolehan balet dari Indonesia.

"Pentas ini merupakan kiat yang sangat baik untuk membangun hubungan antara West Australian Ballet dan dunia kesenian Indonesia yang tengah berkembang lewat balet," ujar Menteri Seni-Budaya Australia, Mitch Fifield.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.