Sukses

Mudah Cemas? Lakukan 5 Cara Sederhana Ini

Jika Anda adalah orang yang mudah cemas, berikut ini 5 cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu masalah yang seringkali adalah rasa cemas dan tak hanya Anda, tetapi juga jutaan manusia lainnya di seluruh dunia. Menurut ragam sumber, jumlah orang-orang yang mudah cemas di dunia terus bertumbuh pada tingkat yang mengkhawatirkan.

Namun, seiring kabar buruk tersebut, selalu ada jalan keluar yang muncul bersamaan untuk menghadapi rasa cemas dalam diri manusia. Mulai dari pengobatan medis, sampai cara-cara sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah atau di manapun, khususnya menghadapi rasa cemas untuk masa depan.

Hal tersebut dikarenakan kemampuan manusia dalam melawan rasa cemas juga turut berkembang dan menguntungkan. Seperti dilansir dari Brightside.me pada Minggu (26/6/2016), Liputan6.com merangkum beberapa cara sederhana dan efektif untuk mengatasi rasa cemas dalam diri Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Lawan pikiran cemas

1. Lawan pikiran cemas

Kecemasan akan memakan dirinya sendiri. Jika Anda membiarkan pikiran negatif terus tumbuh, kemungkinan terburuk yang bisa terjadi adalah menjadi gila. Kecemasan dianalogikan sebagai bola salju yang terus bergulir dan semakin besar saat menuruni bukit. Salah satu cara paling efektif adalah pada diri Anda sendiri untuk mencegatnya. Jika masih terasa sulit, Anda bisa membuat daftar dan menuliskan kekhawatiran yang ada di dalam pikiran. Latihan menulis akan membantu Anda untuk merasionalisasi masalah dan menemukan akar masalah yang sebenarnya.

3 dari 6 halaman

Meditasi dan tarik nafas dalam-dalam

2. Meditasi dan tarik nafas dalam-dalam

Meditasi dan tarik nafas dalam-dalam mungkin merupakan saran paling umum untuk memerangi kecemasan dan tak dipungkiri hal tersebut memang efektif. Jika sedang mengalami kecemasan yang akut, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk mengambil kelas atau waktu untuk meditasi. Jika hal tersebut sudah jadi kebiasaan, meditasi akan membantu Anda mengurangi kecemasan.

4 dari 6 halaman

Melepaskan kimia baik dari otak Anda

3. Melepaskan kimia baik dari otak Anda

Jika bingung bagaimana untuk melakukannya, Anda hanya perlu berolahraga agar endorfin dan serotonin yang merupakan bahan kimia berupa enzim pada otak. Kedua enzim tersebut membawa perasaan senang dan sejahtera dalam diri Anda serta memanaskan tubuh agar otot tidak tegang. Olahraga merupakan cara paling baik bagi Anda untuk bisa fokus.

5 dari 6 halaman

Cobalah solusi secara alami

4. Cobalah solusi secara alami

Beberapa hal alami yang bisa Anda gunakan untuk melawan rasa cemas, seperti obat herbal, khususnya teh dari akar teh valerian, lavender, dan camomile. Selain itu, cara alami lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan tidur lebih cepat.

6 dari 6 halaman

Hindari kafein

5. Hindari kafein

Kandungan kafein seperti pada kopi terbukti meningkatkan kecemasan dan berpotensi jadi provokator pada serangan panik dalam diri manusia. Kafein merupakan stimulan yang dapat menyebabkan kegugupan, detak jantung tak teratur, serta agitasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.