Sukses

Anda Bisa Lebih Produktif di Bulan Ramadan, Begini Caranya

Ingin lebih produktif di bulan Ramadan? Simak tips yang berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Ramadan adalah satu bulan dimana seluruh umat muslim di seluruh dunia melakukan ibadah puasa. Namun, menahan makan dan minum lebih dari 12 jam selama satu bulan terkadang tidak mudah. Apalagi jika Anda sudah bekerja di kantor, pekerjaan yang berat akan terasa sangat melelahkan.

Tapi tenang saja, seperti dilansir dari Metro.co.uk, Jumat (24/6/2016), Anda tetap dapat produktif selama bulan Ramadan. Bagaimana caranya? Simak tipsnya.

1. Lakukan pekerjaan setelah sahur

Ketika selesai makan, artinya tubuh memiliki banyak energi. Lakukan pekerjaan penting yang harus dilakukan pada siang hari. Contohnya membalas dan menulis email, mengerjakan tugas kuliah dan lain sebagainya. Dengan begini, Anda pasti akan kaget begitu cepat pekerjaan bisa diselesaikan.

2. Buat daftar pekerjaan harian 

Beberapa orang senang membuat jadwal pekerjaan karena membantu mereka merencanakan tugas harian mereka. Dengan membuat daftar pekerjaan, Anda dapat memilih mana pekerjaan yang penting, dan mana yang dapat dikerjakan keesokan hari.

3. Buat target dalam satu bulan, dan bagi menurut jangka waktu

Banyak yang membuat target untuk membaca surat-surat Quran selama bulan Ramadan. Tapi terkadang, kita membuat target terlalu tinggi, hingga tidak tercapai di hari Lebaran. 

Lebih baik, bagi target menjadi lebih kecil dan bisa digapai tiap hari tanpa terasa kewalahan. Jadi jika mencoba membaca surat Quran, katakan kepada diri sendiri bahwa Anda akan mengingat 2 ayat per hari. Dengan begini Anda merasa termotivasi untuk menyelesaikan target Anda.

4. Istirahat

 Terkadang banyak profesi yang tetap bekerja normal layaknya di luar bulan Ramadan, maka dari itu terasa lebih melelahkan. Namun hal tersebut sangat normal, apalagi jika kita tidak dapat menyelesaikan pekerjaan seperti biasa. Tetap realistis, beristirahat ketika terasa lelah, sehingga tidak mendorong diri sendiri terlalu keras.

5. Tidur siang

Di bulan Ramadan, siang hari bisa terasa sangat lama, apalagi jika bekerja di kantor atau sekolah. Namun, jika Anda tidak bekerja di kantor, ada baiknya untuk beristirahat dengan tidur siang. Lakukan ini beberapa jam sebelum buka puasa sehingga tubuh terasa lebih segar. Selain memberikan waktu istirahat untuk tubuh, Anda memiliki energi lebih banyak untuk salat tarawih.

6. Buat batas waktu

Sangat mudah bagi kita membuka Facebook, nonton video lucu, atau mencari resep di internet untuk menghabiskan waktu di bulan Ramadan. Tanpa disadari, waktu berbuka sudah tiba. Namun, banyak yang dapat kita lakukan di luar hanya browsing internet. Karena itu, beri batas waktu ketika Anda ingin bersantai mencari resep makanan, dan juga pada semua pekerjaan.

7. Makan lebih banyak pada saat sahur dan lebih ringan saat buka puasa

Makanan yang kita konsumsi memberi efek yang besar bagi tubuh. Jika kita mengonsumsi makanan seperti gorengan yang berminyak, tak heran kira merasa lesu di siang hari. Maka dari itu, pilih makanan yang memiliki nutrisi dan memberi energi. Makan semangkuk oatmeal bersama buah dan segelas susu daripada semangkuk sereal manis untuk sahur. Untuk buka puasa, makan sesuatu yang lebih ringan dan secara perlahan. Pasti perut akan terasa kenyang lebih cepat!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.