Sukses

Terlalu Sering Selfie Dapat Merusak Kulit, Simak Faktanya

Percaya tak percaya, terlalu sering selfie dapat berakibat buruk bagi kulit.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang menyangka bahwa selfie ternyata memiliki dampak buruk bagi kulit Anda? Ya, para dermatolog telah berbicara, selfie terlalu sering dapat menyakiti kulit wajah Anda.

Seperti yang dilansir dari Marieclaire.co.uk pada Jumat (24/6/2016), fakta bahwa selfie dapat merusak kulit adalah kabar paling ironis di dunia kecantikan. Wanita berlomba-lomba merias wajah untuk tampil prima saat selfie, sayangnya ternyata kebiasaan selfie Anda justru dapat merusak penampilan Anda. Hobi yang selama ini dikira tak berbahaya dan menyenangkan, meskipun sedikit narsis, sebenarnya merusak kulit jika terlalu sering dilakukan. Para ahli mengklaim bahwa mengekspos wajah Anda terhadap radiasi elektromagnetik dari ponsel pintar Anda dapat menyebabkan keriput dan penuaan dini. Hal ini mirip dengan paparan sinar matahari, tetapi Anda tidak akan dilindungi oleh tabir surya dengan kandungan SPF yang mungkin sudah Anda aplikasikan pada wajah.

"Wanita yang sering selfie dan para blogger perlu khawatir, "Dr Simon Zoakei, Direktur Medis dari Harley Street Clinic, menuturkan. "Bahkan cahaya biru yang kita dapatkan dari layar kita dapat merusak kulit kita. Saya pikir seharusnya ada produk yang dapat melindungi kulit wanita yang gemar selfie karena saya tahu ada orang yang mengambil banyak foto narsis. Blogger datang kepada saya dan saya telah melihat bahwa ada kerusakan dan penuaan pada kulit mereka. Gelombang radiasi akibat ponsel pintar berbeda sehingga tabir surya tidak dapat memblokirnya dari wajah."

Bagi orang-orang yang membenci selfie, jangan merasa terlalu sombong. Tampaknya ponsel benar-benar dapat berkontribusi terhadap berbagai macam masalah kulit. Memegang telepon Anda ke wajah Anda bahkan dapat membuat Anda lebih rentan terhadap jerawat di daerah itu, dan apakah banyak yang tahu bahwa ponsel mengandung lebih banyak bakteri daripada toilet umum?

"Saya bisa menebak apakah seseorang menggunakan tangan kanan atau tangan kiri untuk memegang ponsel mereka," Zein Obagi, pendiri Institut Kesehatan Obagi Skin di Beverley Hills, mengatakan. "Saya mulai melihat kulit kusam dengan tekstur kasar yang hanya dapat diidentifikasi dari satu sisi wajah."

Sepertinya demi kulit wajah yang tetap sehat dan cantik, wanita harus mulai mengurangi selfie dan lebih banyak menggunakan 
kabel handsfree.

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.