Sukses

Tutorial buat Tempat Kacamata agar Awet

Mungkin Anda sulit mengambil kacamata di tas karena terlilit seusatu. Berikut tutorial tempat kacamata dengan cara yang mudah.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah cuaca panas, kacamata hitam atau sunglasses menjadi salah satu barang penting yang harus Anda bawa, khususnya jika mengendarai motor atau mobil. Namun, sebagian orang tidak memperhatikan perawatan kacamata mereka karena meletakkannya di sembarang tempat.

Selain itu, jika menaruhnya di tas, terkadang kacamata Anda bisa saja terlilit oleh kabel charger atau mungkin earphone. Jika merasa malas untuk membeli kotak kacamata yang bisa menjaganya tetap awet, Anda bisa membuatnya dengan bahan-bahan sederhana di rumah.

Seperti dilansir dari Brightside.me pada Kamis (23/6/2016), Liputan6.com merangkum tutorial membuat kotak kacamata dengan bahan sederhana dan cara yang mudah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siapkan bahan

1. Siapkan bahan

Siapkan bahan (sumber. Brightside.me)

Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kotak kacamata sederhana, seperti kain dari kaus bekas berukuran 30 cm x 30 cm, kertas, gunting, kapur penanda, pita kain, jarum dan beberapa benang.

2. Membuat motif

Membuat motif (sumber. Brightside.me)

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mencetak motif atau outline berbentuk seperti kupu-kupu pada kertas. Ukuran lekukan yang dicetak juga harus disesuaikan dengan besar kecil kacamata milik Anda.

3 dari 4 halaman

Jiplak motif kertas pada kain

3. Jiplak motif kertas pada kain

Jiplak motif kertas pada kain (sumber. Brightside.me)

Setelah menggunting outline yang dibutuhkan, Anda tinggal menjiplak pada kain kaos bekas tersebut menggunakan kapur penanda. Setelah itu potong kain kaos bekas tersebut mengikuti outline jiplakan dari kertas tadi.

4. Pasang pita kain

Pasang pita kain (sumber. Brightside.me)

Setelah memiliki kain berbentuk sesuai dengan pola, Anda bisa mengambil pita dari kain dengan lebar minimal 1 cm dan panjang 35 cm. Jika tidak ada pita, Anda bisa menggunakan dan memotong bahan yang sama dari kain kaus. Lalu, pasang pita kain di bagian tengah dan jahit membentuk motif "X" pada dua sisi seperti yang terlihat pada gambar.

4 dari 4 halaman

Tempat kacamata siap digunakan

5. Tempat kacamata siap digunakan

Tempat kacamata siap digunakan (sumber. Brightside.me)

Setelah menjahitnya, tempat kacamata sudah jadi dan siap untuk digunakan. Anda bisa memasukkan kacamata dimulai dari celah yang ada di tengah kain dan menggunakan sisa panjang pita untuk melilit kacamata kesayangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini