Sukses

5 Tips Mudik Dengan Anak Menggunakan Pesawat Terbang

Mudik dengan pesawat bersama anak perlu persiapan. Simak tips mudik dengan anak menggunakan pesawat berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Berencana mudik dengan pesawat terbang Lebaran kali ini? Anda sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter jika memang akan mudik bersama anak-anak. Tidak terlalu sulit meskipun butuh persiapan sebelum mudik dengan pesawat terbang. Tips mudik dengan anak ini perlu diperhatikan sebelum membawa mereka melakukan perjalanan dengan pesawat terbang.

Beberapa maskapai penerbangan memiliki kebijakan yang berbeda dalam membawa penumpang anak kecil terutama bayi dalam perjalanan. Umumnya kategori anak kecil berusia dibawah 12 tahun dan kategori bayi ialah yang berusia dibawah dua tahun.

 

Pahami berbagai kebijakan masing-masing pesawat terbang terutama jika membawa bayi usia dibawah 14 hari. Beberapa maskapai penerbangan ada yang tidak mengizinkan bayi berusia dibawah 14 hari melakukan perjalanan dengan pesawat terbang. Meskipun tetap ada kebijakan yang membolehkan biasanya tetap harus disertai dengan surat keterangan medis dari dokter 72 jam sebelum keberangkatan.

Berikut 5 tips mudik dengan anak menggunakan pesawat terbang yang telah dihimpun oleh Liputan6.com (23/06/2016).

Pilihlah tempat duduk yang berdekatan dengan lorong

Dalam suhu tertentu anak-anak akan lebih mudah ingin pergi ke toilet. Pastikan jika memang memungkinkan gunakan popok anti bocor jika memang Anda tidak ingin repot bolak balik ke toilet. Gunakan pakaian yang nyaman agar anak tidak rewel karena kedinginan selama perjalanan.

Waktu Perjalanan Sesuaikan Dengan Jam Tidur Anak

Tips mudik dengan anak menggunakan pesawat (shutterstock)

Jika anak-anak terbiasa tidur siang, usahakan mudik dengan pesawat pada siang hari. Jika melakukan perjalanan jauh usahakan memilih penerbangan pada malam hari agar selama perjalanan anak-anak tetap bisa tenang dan tidur dengan nyaman di pesawat terbang.

Bawa perlengkapan penting ke kabin

Makanan Pendamping ASI (MPASI) tidak boleh dilewatkan saat melakukan mudik dengan pesawat terbang. Botol susu juga air mineral tidak lebih dari 100 mililiter sebaiknya dipersiapkan sejak dini agar anak Anda tetap bisa minum susu selama di perjalanan. Pastikan membawa camilan sehat agar anak Anda tidak rewel karena kelaparan. Karena belum tentu makanan yang disediakan di pesawat cocok untuk anak Anda terlebih jika anak Anda memiliki alergi makanan tertentu.

Bawa perlengkapan yang nyaman seperti kaus kaki, selimut serta penutup kepala agar anak Anda tetap merasa hangat meskipun udara di dalam kabin cukup dingin. Pastikan tidak membawa stroller ke dalam kabin. Beberapa maskapai penerbangan memiliki kebijakan tertentu agar stroller disimpan di bagasi.

Bawa mainan favorit terutama untuk perjalanan jauh

Untuk perjalanan jauh yang cukup membosankan biasanya anak-anak akan cepat bosan. Bawalah mainan favorit anak Anda atau sibukkan dengan kegiatan yang membuat anak Anda tidak cepat bosan selama perjalanan bila dia selalu dalam kondisi terjaga.

Perhatikan anak Anda saat pesawat lepas landas dan mendarat

Pastikan telinga anak Anda tidak merasa kesakitan saat terjadi perubahan tekanan udara. Siapkan botol susu untuk anak Anda saat pesawat hendak tinggal landas. Untuk anak yang lebih besar bisa menyiapkan permen. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa minta pertolongan pramugari untuk membantu agar telinga anak Anda tidak merasa kesakitan saat pesawat lepas landas.

Cek harga tiket pesawat termurah dan dapatkan promo terbaik hanya di Reservasi.com.

Reservasi.com

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.