Sukses

Jaga Hubungan Pernikahan Anda Tetap Awet dengan Cara Ini

Membangun sebuah rumah tangga bukanlah perkara mudah dan butuh waktu yang panjang. Berikut ini cara agar hubungan Anda tetap awet

Liputan6.com, Jakarta Setiap pasangan yang menikah pastinya berharap agar hubungan selalu langgeng, harmonis, dan awet hingga masa tua bahkan sampai maut memisahkan. dan bagi para pasangan muda yang baru saja menikah, membangun dan membina rumah tangga pastinya bukanlah perkara mudah.

Tak jarang timbul konflik ego perihal keterlibatan satu sama lain dalam membina sebuah keluarga. Namun, selalu ada jalan keluar dan efek positif dari tantangan yang menghadang Anda bersama pasangan sehingga rumah tangga bisa awet sampai maut memisahkan.

Seperti dilansir dari Brightside.me pada Sabtu (25/6/2016), Liputan6.com merangkum beberapa hal penting yang bisa Anda terapkan bersama pasangan dalam membangun keharmonisan rumah tangga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tidur dengan memeluk pasangan

1. Tidur dengan memeluk pasangan

Tidur dengan memeluk pasangan (sumber Brightside.me)

Salah satu kebiasaan yang bisa Anda lakukan untuk membuat hubungan semakin hangat setelah lelah beraktivitas adalah tidur sambil memeluk pasangan. Kedekatan yang terjadi antara Anda dan pasangan akan membangun perasaan saling memiliki dan tidak sendiri dalam menjalani hubungan tersebut.

2. Beri perhatian
Beri perhatian (sumber Brightside.me)

Ada ungkapan yang mengatakan setelah menikah sudah tak lagi romantis dan hal tersebut sepenuhnya keliru. Pasalnya, memberikan perhatian pada pasangan akan membuat rumah tangga Anda romantis. Salah satu contohnya ketika pasangan sedang sakit, Anda dengan merawat dan memberikannya perhatian.

3. Selalu berbagi

Selalu berbagi (sumber Brightside.me)

Tak ada gunanya memperjuangkan ego dan menjadi egois saat mengetahui Anda sudah menikah. Pasalnya dalam sebuah pernikahan, Anda dan pasangan bisa saling berkompromi satu sama lain. Dengan membiasakan diri untuk berkompromi, konflik bisa diredam dengan mudah.

3 dari 5 halaman

Berikan waktu untuk waktu menyendiri

4. Berikan waktu untuk waktu menyendiri

Berikan waktu untuk waktu menyendiri (sumber Brightside.me)

Ketika sudah menikah bukan berarti kemana atau apa pun yang Anda dan pasangan harus dilakukan berdua. Memiliki waktu sendiri melakukan apa yang Anda atau pasangan sukai membantu untuk pemulihan mental, menenangkan diri, dan meningkatkan kecerdasan emosional.

5. Percaya satu sama lain

Percaya satu sama lain (sumber Brightside.me)

Salah satu modal utama dalam menjalani hubungan adalah rasa percaya satu sama lain. Kepercayaan memiliki nilai yang tinggi sehingga konflik dan rasa curiga tidak mudah untuk timbul. Wajar adanya jika dalam sebuah hubungan ada rasa curiga, tetapi alangkah lebih baiknya hal tersebut ditutupi oleh rasa percaya satu sama lain.

6. Saling memaafkan

Saling memaafkan (sumber Brightside.me)

Mungkin Anda adalah orang yang egois dalam hubungan dan percayalah bahwa hal tersebut tidak akan membuat rumah tangga menjadi harmonis. Redamlah ego Anda, cobalah untuk mengalah, dan berani meminta maaf terlebih dahulu tanpa melihat siapa yang salah. Tak hanya memperbaiki hubungan dengan pasangan saja, saling memaafkan juga memulihkan perasaan Anda sendiri.

4 dari 5 halaman

Hargai mimpi dan cita-cita masing-masing

7. Hargai mimpi dan cita-cita masing-masing

Hargai mimpi dan cita-cita masing-masing (sumber Brightside.me)

Mungkin Anda dan pasangan memiliki mimpi yang berbeda, tetapi bukan berarti akan mengancam hubungan pernikahan. Justru saling menghargai mimpi dan cita-cita masing-masing akan menjaga hubungan pernikahan tetap awet. Cobalah untuk saling bertanya dan mengapresiasi mimpi dan cita Anda serta pasangan.

8. Saling memuji

Saling memuji (sumber Brightside.me)

Setelah menikah bukan berarti pujian juga terhenti untuk saling diucapkan ke satu sama lain. Malah, hal tersebut harus tetap dilakukan sampai masa tua untuk menjaga keharmonisan hubungan. Selalu ingat dan jangan ragu untuk memuji pasangan atas hal positif yang coba ia tunjukkan pada Anda.

9. Bagikan kekhawatiran dan ketakutan Anda

Bagikan kekhawatiran dan ketakutan Anda (sumber Brightside.me)

Menjalani hubungan pernikahan juga harus bisa saling menenangkan satu sama lain. Sehingga saling berbagi kekhawatiran dan ketakutan walaupun kesannya sepele dibutuhkan untuk menjaga komunikasi dalam hubungan berjalan dengan baik.

5 dari 5 halaman

Saling mendukung satu sama lain apapun masalah yang dihadapi

10. Saling mendukung satu sama lain apapun masalah yang dihadapi

Saling mendukung satu sama lain apapun masalah yang dihadapi (sumber Brightside.me)

Menjalani hubungan pernikahan pastinya tak lepas dari masalah dan tantangan yang menghadang. Setiap pribadi memiliki cara dan respon masing-masing dalam menghadapi masalah tersebut sehingga dukungan dari pasangan sangat diperlukan untuk menjaga hubungan tetap bertahan serta sehat.

11. Jangan saling menyalahkan satu sama lain

Jangan saling menyalahkan satu sama lain (sumber Brightside.me)

Setiap pribadi memiliki kelemahan masing-masing baik itu pasangan atau diri Anda sendiri yang juga tak luput dari kesalahan. Saat menjalani sebuah hubungan pernikahan, hindari untuk saling menyalahkan satu sama lain. Usahakanlah untuk saling memaafkan dan berbesar hatilah.

12. Jangan menyerah walaupun Anda tak selalu sukses

Jangan menyerah walaupun Anda tak selalu sukses (sumber Brightside.me)

Kesuksesan bukanlah perkara memiliki harta, jabatan, dan apa yang dunia tawarkan, tetapi soal pola pikir serta kebahagiaan batin. Mungkin Anda merasa bukan orang yang sukses, tetapi jangan pernah menyerah untuk membangun rumah tangga serta kehidupan harmonis bersama pasangan hingga tua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini