Sukses

6 Referensi Wisata Saat Libur Lebaran di Yogyakarta

Saat libur lebaran, Dinas Pariwisata Yogyakarta menyiapkan beragam kegiatan menarik di beberapa destinasi wisata.

Liputan6.com, Jakarta Menyambut libur Lebaran 2016, Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta telah menyiapkan beragam kegiatan wisata. Aris Riyanta selaku Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta kepada Antara, Kamis (16/6/2016) mengatakan, kegiatan wisata khusus libur lebaran yang dimulai 2-10 Juli sengaja disiapkan untuk meningkatkan daya tarik dan lama kunjungan wisata.

“Asumsinya saat libur Lebaran orang yang datang Yogyakarta ada yang bertujuan untuk silaturahmi dan ada yang memang untuk rekreasi,” kata Aris.

Aris berharap dengan hadirnya beragam kegiatan wisata selama libur lebaran mampu meningkatkan kunjungan wisata keDIY, dengan target peningkatan 10 sampai 15 persen dibanding tahun sebelumnya, atau meningkat dari 2,4 juta pada 2015 menjadi 2,6 juta wisatawan di tahun ini.

"20 Desa Wisata di Kabupaten Sleman justru menargetkan masing-masing dikunjungi sekitar 500-700 wisatawan selama libur lebaran," kata dia.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Dispar Yogyakarta juga telah mengagendakan berbagai kegiatan wisata yang disiapkan bersama Dinas Pariwisata di lima kabupaten dan kota di Yogyakarta. Berikut beberapa destinasi wisata di Yogyakarta yang akan menggelar atraksi wisata menarik selama libur lebaran.

Desa Wisata Brajan
Desa wisata yang terletak di Sendangagung Minggir Sleman, Yogyakarta, ini terkenal dengan kerajinan bambunya. Meski Brajan hanyalah desa kecil, namun masyarakatnya membuat desa ini menjadi terkenal dengan berbagai hasil kerajinan bambunya yang menawan. Tak hanya untuk keperluan pasar lokal, kerajinan bambu desa wisata Brajan juga telah diekspor ke berbagai negara. Saat libur lebaran, yang bertepatan dengan musim panen lele, desa wisata ini akan mengadakan lomba tangkap lele bagi para tamunya yang datang.

Museum Gunung Merapi
Museum dengan bangunan bergaya artistik yang dibangun dengan latar belakang Gunung Merapi ini, sejak didirikan pada 2010 telah menjadi salah satu destinasi wisata alternatif di Yogyakarta. Berlokasi di daerah Hargobinangun, saat libur lebaran museum ini telah mengagendakan pertunjukan jatilan untuk wisatawan yang datang berkunjung.

Desa Wisata Kadisoba
Kadisoba merupakan desa wisata yang menjunjung tinggi pelestarian budaya. Hal ini dibuktikan dengan masih diselenggarakannya beberapa upacara adat dan tarian yang digelar dalam waktu-waktu tertentu. Beberapa tradisi leluhur yang masih dipertahankan identik dengan budaya masyarakat Indonesia yang agraris, seperti upacara tedun misalnya, yaitu upacara yang menandakan awal musim panen. Saat libur lebaran, desa wisata ini akan menggelar sejumlah atraksi wisata menarik bagi pengunjungnya, salah satunya adalah lomba burung berkicau.

Pantai Parangtritis
Pantai yang lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Jogja ini merupakan destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan saat musim liburan. Selain dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata, seperti ATV dan delman, Pantai Parangtritis juga terkenal dengan panorama pemandangan matahari terbenamnya yang syahdu. Libur lebaran tahun ini, Pantai Parangtritis akan menggelar pentas musik koesploes.

Goa Selarong
Bagi Anda yang gemar berwisata ke berbagai tempat mistis, Goa Selarong menjadi salah satu tujuan wisata yang bisa menjadi pilihan. Berlokasi di Selarong, Bantul, goa ini merupakan goa bersejarah tempat napak tilas Pangeran Diponegoro saat bergerilya melawan penjajah Belanda. Namun demikian seiring perkembangan waktu, banyak wisatawan yang datang untuk berdoa sambil bersemedi di lokasi goa ini. Saat libur lebaran pihak pengelola telah menyediakan hiburan berupa pementasan jatilan bagi para pengunjungnya.

Desa Wisata Bejiharjo
Desa wisata yang terletak di kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul ini memiliki potensi wisata alam yang luar biasa menawan, salah satunya adalah Goa Pindul. Bahkan tak hanya itu, desa wisata ini juga menyimpan situs purbakala dan menjadi desa yang mempertahankan seni wayang beber yang semakin langka. Saat libur lebaran, Dispar kabupaten Gunungkidul menyiapkan gelaran budaya dengan segudang acara menarik untuk para pengunjungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini