Sukses

6 Aturan Penting dalam Mendekor Meja Makan

Dekor meja memegang peranan penting yang sama dengan penyajian makanan dan minuman. Berikut 6 aturan yang perlu Anda perhatikan.

Liputan6.com, Jakarta Dekor meja memegang peranan penting yang sama dengan penyajian makanan dan minuman. Dekor tidak saja mengenai harmonisasi warna dan bunga, tetapi juga membawa tingkat kesuksesan sebuah acara.

Karena itu, jika Anda menginginkan dekorasi meja yang unik dan sesuai dengan suasana acara yang mau dibuat, Anda perlu mengikuti aturan dalam mendekor. Ade Mutia, pemilik usaha dekor Partylicious, mengungkapkan setidaknya ada enam aturan supaya dekor meja Anda terlihat apik tetapi tidak berlebihan. 

1. Mengidentifikasi tamu yang akan diundang, kemudian tentukan tema, warna, dan dekorasi yang akan digunakan untuk mendekorasi meja. 

"Penyesuaian dekor dengan tema sangat penting karena menentukan cocok atau tidaknya sebuah dekor," kata Ade di Jakarta, beberapa waktu lalu.

2. Jangan lupakan fungsi dasar dari meja makan, sediakan tempat yang cukup nyaman bagi para temu untuk makan dan cari hiasan meja makan yang tidak menghalangi pandangan lawan bicara.

3. Tentukan centerpiece atau barang yang akan menjadi pusat dekorasi meja. Agar terlihat lebih rapi, centerpiece dapat ditaruh di tengah meja. Hal ini dapat mencegah dekorasi menjadi terlalu ramai.

4. Jika Anda ingin menggunakan bunga sebagai elemen dekorasi meja, sebaiknya hindari bunga dengan aroma harum. Jika aroma harum berpadu dengan aroma makanan bisa menimbulkan bau yang menghilangkan selera makan.

5. Jika Anda menata meja untuk buffet hidangan makanan (bukan meja makan), maka pilih lah wadah makanan yang seragam agar terlihat cantik dan tambah hiasan bunga besar agar terlihat lebih menarik.

6. Supaya tidak terlihat norak atau berlebihan, jangan padukan pelengkap desain meja yang sama kuat dengan centerpiece. Atau pilih warna-warna netral untuk melengkapi desain keseluruhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini