Sukses

Cerita Nyata di Balik Sosok Valak, Setan dari The Conjuring 2

Liputan6.com, Jakarta The Conjuring 2 berhasil menghipnotis para pencinta film horor. Terutama dengan kehadiran Valak, salah satu sosok setan yang paling sukses mengundang rasa takut di film yang disutradarai oleh James Wan ini.

Dalam film The Conjuring 2, Ed Warren dan Lorraine Warren tidak hanya harus berhadapan dengan hantu biasa. Film yang dibuat berdasarkan investigasi rumah berhantu di Enfield, Inggris ini juga punya 'tamu' tak diundang yang istimewa, yaitu sosok Valak. Setan dalam wujud suster ini sengaja dimasukkan dalam film The Conjuring 2 sekaligus untuk menyambung kisah rumah berhantu di Amityville dari The Conjuring yang pertama.

Jadi, dengan fakta bahwa Valak tidak ada hubungannya dengan kasus rumah berhantu di Enfield maupun Amityville yang melatarbelakangi film The Conjuring pertama maupun kedua, siapakah sosok setan ini sesungguhnya?

Seperti yang dikutip dari Weekinweird pada Kamis (16/6/2016), sebuah kitab bertajuk The Lesser Key of Solomon, yaitu sebuah kitab dari abad ke-17 yang berisi mantra-mantra setan, Valak (atau Ualac, Valac, Valax, Valu, Valic, Volac) tidak lain adalah Presiden Agung dari Neraka. Secara umum, Valak adalah tokoh yang berpangkat tinggi di dunia iblis. Sering digambarkan mengendarai naga berkepala dua dan memerintah 30 legiun setan, Valak memiliki wujud seorang anak kecil dengan sayap, meskipun dalam The Conjuring 2, ia digambarkan sebagai seorang setan dengan wajah pucat.

Siapakah Valak dari The Conjuring 2 yang sesungguhnya?

Valak juga memiliki kekuatan yang lebih dahsyat dibandingkan sekedar membuat lego melayang atau membalikkan salib-salib yang digantung di dinding. Hingga saat ini, kabarnya Valak masih menjadi sosok setan sering dipanggil oleh praktisi magis yang mencari jawaban. Setan kuat ini tak segan berbagi kekuatan bagi manusia yang memanggilnya, namun hati-hati, Valak dapat menghancurkan kehidupan mereka yang berani melibatkan diri dengannya.

Jadi apa hubungannya antara Valak dengan kasus rumah berhantu Amityville dan Enfield dari film The Conjuring? Tidak ada. James Wan, mengatakan bahwa Valak berperan untuk memberikan firasat untuk kasus Enfield, tanpa ada hubungan dengan aktivitas paranormal yang terjadi di rumah tersebut.

Tapi pertanyaan terbesar dari semua adalah, mengapa Valak disajikan kepada penonton dalam wujud seorang suster? Meskipun James Wan sudah menentukan bahwa Valak akan menjadi salah satu tokoh sentral di film The Conjuring 2, ia masih belum menyelesaikan wujud sang setan hingga detik-detik terakhir. Dalam satu percakapan dengan Lorraine Warren, wanita yang kini berusia 89 tahun ini menyebutkan bahwa ia pernah mengalami pusaran berputar-putar dengan kehadiran sosok berkerudung gelap di pusat. Informasi inilah yang James Wan wujudkan sebagai sosok Valak, setan suster yang menghantui pikiran para penonton film The Conjuring 2.

Artikel Selanjutnya
Sisi Gelap Michael Jackson Terungkap di Lagu Thriller?
Artikel Selanjutnya
Jose Poernomo Garap Film Horor Ruqyah: The Exorcism