Sukses

5 Tips Tidur Posisi Tubuh Miring agar Badan Sehat dan Bugar

Kini Anda bisa dengan tenang tidur miring tanpa takut masalah kesehatan. Justru mendapati bangun dalam kondisi badan sehat dan bugar

Liputan6.com, Jakarta Banyak ahli kesehatan menyarankan untuk tidur dengan posisi tubuh lurus telentang menghadap ke atas. Posisi ini memungkinkan tubuh secara maksimal memperbaiki dirinya sendiri pada saat Anda tidur.

Namun, tidak perlu khawatir jika Anda suka tidur dengan posisi tubuh miring ke samping. Dilansir dari purewow.com, Minggu (12/6/2016), tidur dengan posisi ini akan membuat tubuh Anda lebih rileks, karena mengurangi tekanan pada punggung.

Tidur dengan posisi miring ke samping juga ternyata memerlukan beberapa penyesuaian kecil agar tidur Anda optimal. Berikut ini beberapa tips mendapatkan tidur yang optimal dengan posisi tubuh miring ke samping.

1. Pastikan bantal Anda tidak memiliki kesenjangan
Kesenjangan berarti jarak atau celah antara leher dan kasur. Jika bantal terlalu tinggi, lembut, atau keras, dapat dipastikan Anda akan bangun dengan leher yang tegang. Disarankan untuk memakai bantal busa, karena ideal untuk mengisi semua sisi dengan menyesuaikan kontur leher dan mengisi setiap celah yang ada.

Pastikan bantal Anda tidak memiliki kesenjangan. Sumber : purewow.com

2. Pastikan kepala Anda dalam posisi netral
Maksudnya kepala Anda tidak boleh terlalu miring ke depan atau jauh ke belakang. Cara termudah untuk menjaga leher tetap dalam posisi yang tepat adalah dengan menaruh bantal sedikit ke bawah untuk mengisi celah pada leher.

 Pastikan kepala Anda dalam posisi netral. Sumber : purewow.com

3. Anda juga boleh tidur dengan mengapit bantal di antara lutut
Cara ini terbukti dapat mengurangi tekanan pada pinggul dan punggung bawah, serta menjaga tulang belakang agar tetap tegak.

Anda juga boleh tidur dengan mengapit bantal di antara lutut. Sumber : purewow.com

4. Lakukan peregangan otot ketika bangun
Bagi Anda yang sering tidur dengan posisi miring ke samping sebenarnya memiliki kecenderungan melakukan posisi janin saat mereka tidur. Namun, menurut Amy Cuddy, seorang psikolog dari Harvard, tidur dalam posisi janin dapat mendatangkan masalah pada kepercayaan diri Anda. Sehingga untuk memastikan Anda memiliki hari yang baik, lakukan perengangan otot pada lengan selebar mungkin. Penelitian membuktikan bahwa hal ini dapat membuat perbedaan yang besar pada hari Anda.

Lakukan peregangan otot ketika bangun. Sumber : purewow.com

5. Pastikan Anda membeli kasur yang tepat
Bukan berarti harus menghabiskan banyak uang untuk membeli kasur yang bagus, namun setidaknya Anda dapat mulai memikirkan dan menjadikannya rencana jangka panjang untuk mendapatkan bentuk tubuh yang lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini