Sukses

Tips Membuat Tubuh Tak Lagi Gampang Kedinginan Saat Berpuasa

Ini caranya supaya tidak mudah kedinginan saat berpuasa.

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit orang yang lebih mudah kedinginan saat berpuasa. Hal ini memang lumrah terjadi karena tubuh manusia mengalami perlambatan metabolisme saat berpuasa.

Saat berpuasa, metabolisme tubuh melambat sehingga panas tubuh umumnya ikut menurun. Alhasil, jika berada di daerah dengan suhu sejuk hingga dingin, tubuh lebih rentan kedinginan.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (9/6/2016), kedinginan biasanya tidak terlalu parah pada 12 jam pertama berpuasa. Sebab, tubuh masih memiliki banyak cadangan energi yang menjaga suhu tubuh.

Namun, jika Anda terganggu dengan rasa dingin yang terjadi selama berpuasa, maka Anda perlu melihat kegiatan Anda. Apakah Anda hanya duduk atau tiduran seharian? Atau pendingin ruangan Anda terlalu dingin?

Problem lebih mudah kedinginan saat puasa ini sebenarnya paling mudah diatasi. Dengan mengetahui jawaban dari pertanyaan itu, Anda hanya tinggal melakukan hal yang berlawanan.

Bergerak adalah salah satu cara meningkatkan suhu tubuh. Dengan banyak bergerak, Anda akan mempercepat metabolisme. Coba lakukan beragam kegiatan olahraga sederhana yang tidak terlalu melelahkan namun berguna untuk mengurangi rasa dingin, seperti berjalan.

Jika ingin cara yang lebih efisien lagi, sebenarnya Anda bisa melakukan latihan angkat beban. Latihan ini akan menambah massa otot Anda yang melindungi dari rasa dingin saat berpuasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini