Sukses

Penelitan Katakan Jangan Pilih Warna Terjelek di Dunia Ini

Sekelompok peneliti melakukan serangkaian penelitian untuk mencari warna terjelek di dunia dan ini hasilnya.

Liputan6.com, Jakarta Ketika memilih cat rumah Anda, pasti ada kekhawatiran salah pilih warna. Salah satu alasan utama seseorang mengganti dan cukup memilih cat yang cocok adalah agar suasana di rumah jadi lebih baik.

Sebagian besar orang menghindari warna cat gelap untuk menghindari suasana rumah yang suram. Namun, Anda tak perlu khawatir karena sekelompok tim peneliti asal Australia menemukan warna paling jelek di dunia dan tidak direkomendasikan untuk digunakan, yaitu Pantone 448 C atau lebih dikenal dengan opaque couché.

Seperti dilansir dari Huffingtonpost.com pada Rabu (8/6/2016), tim peneliti tersebut menemukan bahwa Pantone 448 C sebagai warna terjelek setelah melakukan survei pada 1.000 orang lebih. Penelitian dilakukan pada tujuh studi terpisah yang dimulai pada tahun 2012.

Responden menggambarkan bahwa warna tersebut seperti "limbah tinta" yang terlihat seperti tar. Warna tersebut memberikan kesan kotor dan membawa makna kematian bagi sebagian besar responden.

Pantone 448 C atau opaque couché

Bahkan warna tersebut sudah digunakan untuk kotak bungkus rokok untuk mereduksi kecenderugan seseorang untuk merokok. Namun, beberapa kalangan membantah pilihan para peneliti tersebut karena warna Pantone cukup cocok untuk digunakan karena dimaknai sebagai warna bumi.

Menurut mereka, Pantone 448 C mungkin cocok untuk eksterior rumah. Mungkin terkesan mengada-ada, tetapi kesimpulan bahwa Pantone 448 C sebagai warna terjelek di dunia sudah melewati proses dan metode ilmiah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.