Sukses

9 Cara Salah dalam Pengaplikasian Bedak Tabur

Ternyata menggunakan bedak di wajah tidak sesederhana yang Anda pikirkan.

Liputan6.com, Jakarta Jika berbicara mengenai bedak, tampaknya segala hal terasa sangat sederhana. Namun, ketika membicarakan formula dan kuas, hal tersebut bisa menjadi sangat rumit. Bagaimana seseorang bisa menghabiskan semua waktunya untuk merias wajah agar tampil sempurna?

Lijha Stewart selaku Director of Artistry and Education Make Up For Ever memaparkan berbagai kesalahan umum yang biasa dilakukan oleh banyak orang ketika mereka menggunakan bedak tabur dan bagaimana cara memperbaikinya, seperti dilansir dari womansday.com, Rabu (15/6/2016). Jika Anda merasa masih sering melakukannya, simak ini.

1. Anda memakai alat yang salah
Beautyblender adalah sepon makeup yang benar-benar membantu, namun penting untuk mengetahui bagaimana cara menggunakannya dengan baik. Carilah sepon seperti BB hanya jika Anda membutuhkan cakupan yang besar untuk tampilan penuh.
Jika Anda memiliki tipe kulit berminyak, hal terbaik adalah dengan menggunakan sepon bedak loose powder. Sepon ini dapat menyerap minyak dan memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil akhir yang matte.
Namun, jika Anda mencari sepon yang lembut dan bisa membuat kulit berseri, kuas bedak dapat membantu Anda.

Anda memakai alat yang salah. Sumber : womansday.com

2. Anda tidak cukup sering membersihkan kuas
Selama Anda tidak berbagi penggunaan kuas bedak dengan orang lain dan hanya menggunakannya sendiri, Lijha menyarankan Anda untuk membersihkannya sebulan sekali. Gunakan setetes kecil sampo, campurkan dengan air, dan celupkan kuas sampai residu makeup keluar. Kemudian biarkan kuas kering dengan sendirinya pada sebuah handuk kertas.
Bukan berarti Anda harus melakukannya setiap hari. Cukup semprotkan kuas Anda dengan air setiap setelah dipakai dan keringkan dengan handuk. Selain cepat dan mudah, ini akan membuat kuas Anda tetap lembut dan mengkilap.

Anda tidak cukup sering membersihkan kuas. Sumber : womansday.com

3. Anda menyimpan bedak di kamar mandi
Pastikan Anda menyimpan bedak di tempat yang sejuk dan kering, seperti kamar tidur. Kelembapan dapat meresap ke dalam bedak dan mempengaruhi pigmen.

Anda menyimpan bedak di kamar mandi. Sumber : womansday.com

4. Anda memilih warna yang tidak sesuai dengan kulit
Anda mungkin berpikir bahwa bedak yang digunakan hanya tinggal menyesuaikan warna kulit, sedangkan kenyataannya jauh lebih rumit, terutama jika tipe kulit Anda berminyak. Lijha menyarankan Anda untuk menggunakan bedak dengan warna setengah atau lebih terang dari warna kulit.
Ketika bubuk menyentuh minyak, ia akan mengoksidasi, kemudian warnanya akan lebih cokelat.
Sedangkan jika Anda memiliki tipe kulit kering atau kombinasi, tidak masalah untuk menyesuaikan warna bedak menyesuaikan dengan warna kulit Anda.

5. Anda menggunakan formula yang tidak sesuai dengan jenis kulit
Sangat penting untuk mengetahui perbedaan bahan-bahan yang dikandung setiap bedak, karena bedak untuk kulit berminyak dengan bedak untuk kulit kering sangat berbeda.

6. Anda terlalu banyak menggunakan bedak
Untuk menghindari tampilan cakey pada wajah Anda, pastikan gunakan satu lapis bedak saja.

Anda tidak menghapus kelebihan bedak. Sumber : womansday.com

7. Anda tidak menghapus kelebihan bedak
Ketika Anda memakai bedak berlebihan, wajah Anda akan terlihat seperti memakai tepung. Hilangkan kelebihan bedak dengan sikat berbulu yang bersih.

8. Anda tidak menggunakan pelembap
Selalu mulai dengan produk yang kaya akan emolien. Ini berarti Anda harus menerapkan pelembap sebagai pembuka, lalu serum yang lebih ringan. Ini akan menjaga bedak Anda tetap halus dan bersih.

9. Anda menggunakan bedak di luar garis wajah
Gunakan bedak pada garis T-zone, karena di daerah itulah mayoritas minyak berkumpul.

Anda menggunakan bedak di luar garis wajah. Sumber : womansday.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.