Sukses

Introvert? Ini Keterampilan Hidup yang Harus Anda Kuasai

Sebagai seorang introvert, Anda harus memiliki beberapa keterampilan hidup untuk dikuasai, apa sajakah itu? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda termasuk ke dalam tipe orang yang memiliki karakter introvert? Menurut penelitian, orang dengan karakter introvert memiliki kekhawatiran yang tinggi terhadap situasi sosial di sekitarnya. Inilah mengapa mulai sekarang Anda harus menyiapkan diri dengan beberapa keterampilan hidup yang bertujuan untuk membuatnya lebih mudah. Dilansir dari purewow.com, Selasa (7/6/2016), inilah beberapa keterampilan yang dapat Anda pelajari sebagai seorang introvert.

1. Cara berjalan di sebuah acara tanpa canggung
Sesuatu yang sederhana seperti pergi ke pesta dapat benar-benar menegangkan bagi seorang introvert. Persiapan adalah kuncinya. Cari tahu cara termudah untuk sampai di pintu acara dan sampai kesana dengan cara yang membuat Anda nyaman. Mungkin dengan membawa seorang teman dekat untuk menemani Anda sepanjang acara, apa saja yang mampu membuat Anda bertahan di sana. Buatlah peraturan dan taati.

2. Cara meninggalkan acara tanpa bersikap kasar
Ini tergantung pada besarnya acara. Jika ini adalah sebuah acara yang lebih intim, buatlah waktu yang tepat untuk mengucapkan terima kasih pada tuan rumah sebelum pergi. Sedangkan jika acara tersebut besar, tidak masalah bagi Anda untuk pergi tanpa mengucapkan salam terlebih dahulu. Namun, setelah sampai di rumah, kirimkan pesan yang berisi ucapan terima kasih untuk acara dan waktu yang menyenangkan.

3. Cara membuat suara Anda terdengar di pertemuan
Ini mungkin menjadi fakta yang kejam, namun untuk berbicara dalam sebuah pertemuan, Anda harus tahu bagaimana caranya mendapatkan perhatian. Persiapkan diri Anda, carilah topik pembicaraan yang ingin Anda sampaikan, kemudian beri beberapa kalimat pembukaan yang menyita perhatian. Jika Anda merasa tidak nyaman untuk melakukan ini sendirian, mintalah moderator acara tersebut untuk memberikan Anda sedikit waktu berbicara.

4. Cara membuat koneksi dengan orang lain
Mungkin bagi kebanyakan orang, membuat koneksi adalah salah satu hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan. Namun, bagaimana dengan si introvert?
Sebenarnya ini sangat mudah dilakukan. Pada sebuah acara yang Anda datangi, pilihlah beberapa orang yang ingin Anda ajak berkenalan, dekati mereka, bicaralah selama beberapa menit dengan mereka, dan bersikap terbuka untuk segala kemungkinan. Mudah, bukan?

5. Cara mengontrol percakapan
Mengontrol sebuah percakapan tampaknya bukan sesuatu yang mungkin dilakukan oleh si introvert. Kebanyakan orang suka membicarakan diri dan kepentingan mereka sendiri, sehingga Anda dapat fokus pada pembicaraan orang lain. Ajukan pertanyaan yang tepat dan ini dapat menjadi kesempatan baik membiarkan mereka berbicara terus, hal yang tidak perlu Anda lakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.