Sukses

Segarnya Sajian Es Campur dari Berbagai Negara

Sajian favorit berbuka puasa salah satunya adalah es campur. Ingin tahu seperti apa bentuk es campur dari berbagai negara? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Es campur menjadi salah satu hidangan favorit untuk berbuka puasa. Es serut yang dibaluri sirup, jeli dan buah-buahan ini terasa amat segar untuk melepaskan dahaga setelah satu hari penuh puasa.

Ternyata, sajian es campur ini tidak hanya makanan pencuci mulut khas Indonesia. Es campur memiliki banyak saudara, yang berasal dari berbagai negara.

Selain dari Indonesia, Liputan6 merangkum beberapa jenis es campur yang diambil dari berbagai sumber, untuk jadi inspirasi menu buka puasa Anda.

1. Malaysia - Es air mata kucing

Namanya yang unik pasti membuat tanda tanya di kepala? Seperti apa bentuk air mata kucing? Ternyata, minuman ini terbuat dari buah lengkeng. Buah dengan daging berwarna putih dan biji hitam tersebut dikenal dengan sebutan mata kucing di Malaysia. 

Campuran sirup lo han kuo, buah lengkeng, buah kundur, dan gula batu ini memiliki warna coklat bening, yang biasa disajikan dengan es batu. Rasanya manis asam dan segar, sangat cocok untuk menyegarkan tubuh. 

Selain nikmat, es air mata kucing juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Minuman ini berguna mengurangi batuk, meredakan panas dalam, serta meningkatkan vitalitas tubuh. 

2. Singapura – Ais kacang

Ais Kacang atau es kacang sebenarnya merupakan menu pencuci mulut yang berasal dari Malaysia. Namun, dessert ini menjadi menu favorit para penduduk, dan lebih terkenal di Singapura. 

Minuman penyegar ini berisi es serut, susu kental manis, sirup, kacang merah, jagung, jeli dan buah kolang-kaling. Walau begitu, banyak juga menu es kacang yang memiliki topping berbeda-beda sesuai selera pembeli.

Menu es campur ini bisa Anda dapatkan dimana-mana. Mulai dari restoran hotel hingga gerobak pinggir jalan banyak yang menjual es kacang.

3. Filipina - Halo-halo

Halo-halo atau halu-halo adalah es campur khas Filipina. Halo yang berarti campur dan bahasa tagalog memiliki konsep yang sama dengan es campur. 

Es serut yang dihidangkan di dalam mangkuk diisi dengan aneka ragam bahan seperti, kolang-kaling, pisang atau buah-buahan lainnya, nata de coco, kelapa kopyor, kacang, dan juga ubi manis yang dimasak. Di atasnya dituangkan susu kental manis, dan juga es krim.

4. Korea Selatan - Patbingsoo

Es serut yang satu ini menjadi favorit penduduk Korea Selatan di musim panas. Awalnya hidangan ini berisi es serut dan pasta kacang merah (dikenal dengan nama pat).

Namun dengan berjalan waktu, Patbingsoo dikenal dengan berbagai topping hingga berbagai rasa es krim. Biasanya diisi dengan buah-buahan segar, kacang merah, susu kental manis, dan ditutup dengan es krim. 

Tak hanya di Korea Selatan, kini beragam menu Patbingsoo bisa dinikmati di restoran-restoran dan kafe pencuci mulut di Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini