Sukses

Ingin Membuat Kesan Pertama yang Tak Terlupakan? Begini Caranya

Ternyata untuk menjadi orang yang tak mudah dilupakan orang lain, ada langkah mudah, apa saja? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Semua orang berusaha untuk memberi kesan yang baik terhadap orang lain, mungkin Anda salah satunya? Dilansir dari mydomaine.com, Senin (6/6/2016), penelitian terbaru menyatakan bahwa 90% dari informasi yang diterima, tidak peduli apa pun bentuk komunikasi-nya, mayoritas orang-orang akan mudah dilupakan.

Namun, bukan berarti tidak ada kesempatan sama sekali bagi Anda untuk melakukan pendekatan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa langkah yang terbukti secara ilmiah dapat membuat Anda menjadi seseorang yang tak terlupakan bagi orang lain.

1. Tampilkan emosi
Emosi belum tentu sesuatu yang negatif. Dengan memanfaatkan emosi seseorang, Anda akan dapat menciptakan ikatan yang lebih dalam dan koneksi secara alami yang akan meninggalkan kesan tak terlupakan.

2. Ulangi poin Anda
Masuk akal, jika Anda terus mengulangi informasi kepada seseorang, agar ia mengingat Anda. Menurut beberapa peneliti, otak membutuhkan tiga kali tayangan akan sesuatu untuk mendeteksi suatu hal dan membentuknya sebagai sebuah pola. Layaknya palu yang harus diketuk sebanyak tiga kali untuk membuat jejak.

3. Bersifat langsung
Anda harus sering menggunakan berbagai fakta yang berasal dari pengalaman pribadi atau kebenaran yang diambil melalui sebuah pengamatan yang berkesan. Ingatlah, untuk selalu membuat waktu yang baik untuk berbicara dan berbagi kenangan. Hal ini akan jauh lebih mudah untuk diingat.

4. Melibatkan audiens
Dengan adanya audiens, Anda dapat melibatkan mereka ke dalam percakapan dan ini akan membuat mereka berpikir tentang Anda.

5. Jangan remehkan kejutan
Banyak orang cenderung akan mengingat hal-hal yang mengejutkan mereka.

6. Jadilah nyata
Ketika Anda hadir untuk audiens, biarkan mereka dapat mencium bau Anda, menyentuh, merasakan, dan menggunakan semua indra mereka untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari apa yang Anda bicarakan. Pengalaman sensorik memiliki ikatan yang kuat untuk memori, sekaligus memastikan Anda untuk tidak lupa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.