Sukses

6 Langkah Mudah Membuat Tulisan Tangan Anda Menjadi Indah

Tulisan tangan Anda tidak terbaca? Ini beberapa langkah mudah untuk membuatnya lebih baik dan indah untuk dibaca orang lain.

Liputan6.com, Jakarta Sadarkah Anda bahwa tulisan tangan yang baik merupakan keterampilan penting untuk dimiliki semua orang. Tidak, bukan berarti Anda harus menjadi seorang kaligrafer profesional, namun setidaknya ketika Anda perlu memperlihatkan tulisan tangan kepada orang lain, orang tersebut tidak akan merasa kesulitan untuk membacanya.

Jika Anda masih merasa tulisan tangan Anda tidak menarik, bahkan sulit dibaca oleh orang lain, dilansir dari purewow.com, Senin (6/6/2016), berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk membuat tulisan tangan Anda menjadi lebih baik.

1. Menulis satu paragraf setiap hari
Anda dapat menuliskan lirik lagu favorit Anda atau prolog cerita dari buku kesukaan Anda. Apa pun itu bentuknya, lakukan praktik menulis berulang-ulang secara rutin sampai kata-kata Anda mulai terlihat lebih rapi dan dapat dibaca.
Buatlah latihan menulis ini di dalam satu buku, sehingga Anda akan dapat melihat sendiri grafik kemajuan dari latihan yang Anda lakukan.

2. Gunakan kertas bergaris
Namun, terlebih dahulu Anda harus memastikan garis-garis yang ada tidak terlalu sempit, karena Anda akan dapat melihat semua tulisan dengan lebih jelas ketika berlatih. Garis pada kertas yang digunakan dapat menjadi panduan untuk menjaga ketinggian dan ukuran huruf.

3. Gunakan pena yang bagus
Pena apa pun yang sering Anda gunakan untuk menulis, pastikan untuk tidak terlalu menekan saat menulis. Pilihlah pena yang membuat latihan menulis Anda lebih nyaman, tidak terlalu kecil, juga tidak terlalu besar.

4. Longgarkan cengkeraman tangan
Banyak orang berpikir bahwa memegang erat pena dapat memberikan kontrol menulis yang lebih baik, namun kenyataannya, hal ini hanya akan membuat tangan Anda cepat lelah.

5. Pelan-pelan
Sama halnya dengan berbicara, menulis terlalu cepat juga dapat membuat orang yang melihat atau membacanya menjadi kesulitan. Untuk itu, penting untuk fokus dan konsisten, kecepatan menulis akan hadir secara alami.

6. Cobalah menulis surat
Cari seseorang yang dapat Anda jadikan sebagai sahabat pena. Beritahu ia kemajuan-kemajuan yang Anda dapatkan setiap saat berkirim surat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini