Sukses

Sudahkah Kamu Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Masuk Ramadan?

Di Indonesia ada kebiasaan unik menyambut datangnya bulan Ramadan. Berikut 6 hal yang yang biasa dilakukan masyarakat kita.

Liputan6.com, Jakarta Bulan suci ramadan yang dinantikan umat muslim sebentar lagi tiba. Kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa pun tinggal menghitung hari. Menyambut bulan penuh berkah, berbagai persiapan pun dilakukan setiap orang. Di Indonesia, ada beberaoa kebiasaan unik untuk menyambut datangnya bulan ramadan.

Berikut 6 hal yang yang biasa dilakukan masyarakat kita sebelum masuk bulan ramadan.

1. Cari Tiket Mudik

Mudik atau pulang kampung menjadi bagian penting masyarakat Indonesia di bulan ramadan. Merayakan hari kemenangan atau Idul Fitri seakan-akan lebih afdol jika dilakukan di kampung halaman dan bertemu sanak saudara.

Suasana mudik lebaran.

Jika mudik dengan transportasi umum, maka cari tiket mudik adalah hal yang wajib dilakukan jauh-jauh hari. Keuntungannya tentu saja tiket yang lebih murah dan kepastian mendapatkan moda transportasi. Apalagi cari tiket sekarang sangat mudah, cukup lewat smartphone kamu bisa temukan tiket transportasi apa saja.

2. Bayar Utang Puasa dan Mulai Meningkatkan Ibadah

Mulai perbanyak membaca Al Quran.

Mereka yang puasa ramadan sebelumnya tidak komplit, maka memiliki utang puasa dan berkewajiban mengganti di hari lain. Kalau kamu menemukan teman yang puasa 1-2 pekan sebelum ramadan, biasanya dia sedang berusaha membayar utang puasa di ramadan sebelumnya.

Bulan suci ramadan menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan ibadah. Selama menjalankan ibadah puasa, tingkatkan juga ibadah yang lain seperti salat sunnah dan mengaji. Jika kamu tidak bisa membawa kitab suci Al Quran kemana-mana, tersedia aplikasi Al Quran yang bisa dibaca lewat smartphone. Jadi, tak ada alasan untuk tidak mengaji.

3. Kirim Ucapan Ramadan dan Saling Memaafkan

Kartu Ucapan.

Fenomena ini sering muncul sebelum datangnya bulan ramadan. Dulu orang hanya kirim pesan via sms atauchat , sekarang orang dengan mudah kirim gambar dan video. Kecanggihan kamera smartphone membuat hasil foto dan video yang dikirim pun makin jernih dan tajam.

Mengirim ucapan maaf adalah sikap yang terpuji dan menjadi momen tepat untuk menyambung silaturahmi. Tak harus menunggu lebaran kalau bisa saling memaafkan sebelum ramadan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aktivitas Sebelum Masuk Ramadan

4. Ziarah Makam

Ziarah Makam.

Jelang ramadan, Taman Pemakaman Umum (TPU) dipadati masyarakat yang melakukan aktivitas ziarah makam ke keluarga. Selain memanjatkan doa secara langsung untuk keluarga yang telah meninggal dunia dan tabur bunga, mereka juga membersihkan makam dari rumput atau ilalang. Namun, ketika makam keluarga berada jauh dari kota tempat kita tinggal atau berada di kampung halaman, menerima gambar makam atau batu nisan dari saudara yang dikampung bisa mengobati kerinduan.

5. Menyiapkan Rencana Bukber dan Sahur on The Road

Menu buka puasa.

Begitu ramadan tiba, kegiatan buka bareng (bukber) seperti menjadi agenda yang wajib dilaksanakan. Tujuannya tak lain untuk menyambung silaturahmi sekaligus reuni kecil-kecilan. Bukber bersama keluarga, temen sekolah, kuliah, rekan-rekan kantor, hingga bukber yang berhubungan dengan bakti sosial.

Bagi anak-anak muda, sahur on the road pun menjadi trend di bulan ramadan. Jangan heran kalau jelang buka puasa dan saat sahur bakal banyak postingan di medsos. So, supaya foto-fotonya kece dan oke, kamu harus punya smartphone dengan kamera yang berkualitas dan piksel yang tinggi. 

6. Belanja Baju Baru

Belanja baju lebaran.

Bulan ramadan dan lebaran identik dengan baju baru. Tak heran masyarakat yang mendapatkan THR (Tunjangan Hari Raya) mengalokasikan uangnya untuk membeli baju baru. Diantara mereka ada yang membeli baju baru sebelum masuk ramadan, tujuannya untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Namun, tidak sedikit membeli baju jelang lebaran karena model-model baju muslim baru mulai bermunculan.

Beberapa poin di atas memang akan lebih mudah dilakukan jika kamu memiliki smartphone dengan dapur pacu yang canggih dan teknologi terbaru. Ingin tahu smartphone seperti apa bisa mendukung aktivitas kamu, klik saja di sini.

Powered By:

OPPO F1 PLUS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.