Sukses

Buang 11 Hal Ini untuk Hidup yang Lebih Baik

Membuang semua barang yang tidak lagi terpakai atau diperlukan ternyata dapat membuat hidup Anda jauh lebih baik, apa saja? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Langkah pertama untuk merawat diri sendiri adalah dengan memastikan bahwa lingkungan Anda bersih dan teratur. Jika saat ini Anda melihat isi rumah dalam keadaan kacau, hal ini sebenarnya dapat memengaruhi suasana hati menjadi negatif dan membuat Anda enggan pulang ke rumah.

Dilansir dari popsugar.com, Selasa (31/5/2016), Anda disarankan untuk membuang semua barang yang tidak diperlukan sebulan sekali, agar terhindari dari rumah yang berantakan.
Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan untuk dibuang atau setidaknya Anda jual, agar lingkungan rumah lebih tertata.

1. Majalah tua
Singkirkan semua majalah tua dari rumah Anda, karena kemungkinan besar mereka tidak akan dibaca lagi. Jika di dalam majalah tersebut, ada karya atau diri Anda, pindah gambarnya dan simpan di komputer Anda. Atau jadikan satu halaman tersebut dengan kliping Anda yang lainnya.

2. Dokumen yang tidak diperlukan
Membuang tanda terima dari barang-barang yang telah dibeli tidak akan menghabiskan banyak waktu Anda. Jika Anda merasa khawatir untuk membuangnya, simpan bentuk digitalnya dengan scanner, bukan bentuk dokumen yang berserakan dan memenuhi ruangan dalam rumah Anda.

3. Pakaian
Gunakan aturan dua tahun sekali untuk pakaian Anda. Artinya, jika pakaian tersebut jarang atau bahkan tidak pernah Anda gunakan dalam dua tahun terakhir, maka sebaiknya Anda menyingkirkannya dari dalam lemari, Anda dapat membuang atau memberikannya kepada orang lain.

4. Buku
Pergi ke rak buku Anda dan periksalah mana buku-buku yang belum tersentuh sama sekali dalam setahun terakhir. Atau mana buku yang telah dibaca dan tidak pernah dibaca lagi, kemungkinan Anda tidak akan membacanya untuk kedua kali. Anda dapat menjualnya secara online atau menyumbangkan semua buku ini ke panti asuhan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Obat-obatan dan vitamin

5. Obat-obatan dan vitamin
Sama seperti buku, buang semua obat-obatan dan vitamin yang telah kadaluarsa atau tidak pernah digunakan. Khusus untuk obat, carilah di internet tentang cara membuang yang baik dan benar, agar tidak disalahgunakan oleh orang lain.
Jika tidak, Anda disarankan untuk mencampur obat-obatan tersebut dengan ampas kopi agar terlihat tidak menarik dan tidak bisa digunakan lagi.

6. Makeup dan parfum
Cobalah periksa meja rias Anda dan sisihkan makeup dan parfum yang telah terlalu lama disimpan dan tidak pernah digunakan. Namun, ada beberapa label makeup yang memungkinkan Anda untuk mendaur ulang dengan produk yang baru, seperti MAC dan Kiehl's.

7. Perhiasan
Untuk perhiasan, Anda disarankan untuk mencari nilai dari setiap barang di National Association of Jewelry Appraisers. Ketika Anda mengetahui nilainya, Anda dapat datang ke tempat lelang atau pengadaian untuk menyepakati nilai yang lebih baik.

8. Makanan
Periksalah lemari penyimpanan makanan dan kulkas setiap seminggu sekali, agar tidak ada makanan kadaluarsa atau membusuk di sana terlalu lama.

3 dari 3 halaman

Memorabilia

9. Memorabilia
Banyak ahli menyarankan Anda untuk membuang beberapa memorabilia, seperti kartu dan hadiah yang sudah tidak dipakai. Anda tetap dapat menyimpan beberapa yang benar-benar berharga di dalam sebuah kotak, namun sisanya dapat Anda buang saja.

10. Buku catatan
Beberapa orang masih saja menyimpan buku catatan yang mereka gunakan saat SD. Ini sungguh tidak perlu, Anda dapat membuangnya sekarang, atau jual untuk didaur ulang.

11. Alat elektronik
Anda memiliki beberapa alat elektronik yang tidak terpakai, seperti piano, laptop, atau ponsel? Jual mereka di online, setidaknya Anda mendapatkan uang dari barang yang tidak pernah Anda pakai lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.