Sukses

Ponsel dan TV Bikin Wajah Cepat Keriput?

Terlalu lama menatap layar TV bisa membuat kulit cepat keriput sehingga tampak lebih tua. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta Siapapun yang pernah menonton serial televisi pasti tahu rasanya tidak bisa berhenti setelah satu episode habis. Niat menonton satu episode lagi ternyata malah jadi lima episode.

Ternyata kebiasaan ini juga berpengaruh terhadap keremajaan kulit. Dikutip dari Dailymail, Selasa (31/5/2016), menurut para ahli, terlalu lama menatap layar TV bisa membuat kulit cepat keriput sehingga tampak lebih tua.

Dr Justine Hextall, pakar kesehatan kulit dari Inggris mengatakan, ada bukti keterkaitan antara sinar yang berasal dari layar TV dengan kulit. Sinar yang disebut high energy visible (HEV) itu bisa masuk ke tingkat lapisan kulit yang lebih dalam dan merusaknya. Sehingga, timbul lah keriput.

"Ini juga termasuk benda-benda lain yang mengeluarkan sinar serupa seperti ponsel atau layar komputer," kata Justine.

Apalagi jika Anda menggunakan ponsel atau laptop di luar ruangan. Sinar HEV ditambah sinar UVA dan UVB dari matahari yang memantul pada layar dapat mempercepat kerusakan kulit.

Karena itu Jasmine pun menyarankan supaya Anda menggunakan perlindungan saat berencana menggunakan gadget di luar ruangan. Setidaknya tabir surya yang menawarkan proteksi spektrum luas ber-SPF 30 perlu dipakai.

"Oleskan sebelum keluar rumah dan gunakan ulang setiap dua jam, terutama saat akan menggunakan ponsel atau gadget lainnya," ungkap Jasmine.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini