Sukses

Jangan Pernah Sentuh 5 Tempat Terkotor di Pesawat

Jika Anda naik pesawat, maka perhatikan beberapa tempat paling kotor di dalam pesawat berikut ini untuk dihindari.

Liputan6.com, Jakarta Tempat penuh kuman dalam pesawat terbang bisa jadi hanya berjarak beberapa inci dari tempat Anda. Ketika sebuah tim ahli mikrobiologi melakukan pemeriksaan di dalam bandara dan pesawat, mereka menemukan bahwa meja tempat makan penumpang jauh lebih kotor daripada toilet.

Namun, jangan khawatir, dilansir dari mydomaine.com, Selasa (31/5/2016), berikut ini adalah beberapa tempat yang sebisa mungkin harus Anda hindari selama penerbangan berlangsung. Apa saja?

1. Meja makan
Ketika sebuah tim peneliti dari University of Arizona menguji meja makan, mereka menemukan 60% dari meja makan penumpang mengandung bakteri jahat, termasuk e-coli dan MRSA, yang dapat berakibat fatal jika terkena. Sedangkan, hanya 11% dari contoh yang diambil di kereta bawah tanah yang dapat menemukan bakteri ini.

Meja makan di pesawat. Sumber : mydomaine.com

Jane Wilson Howart, seorang ahli kesehatan, menyatakan bahwa meja makan penuh bakteri tidak akan menjadi masalah, selama Anda dapat memastikan bahwa alat makan yang digunakan bersih. Jika alat makan yang bersentuhan langsung dengan mulut Anda bersih, maka tidak ada alasan berbagai bakteri dapat masuk ke tubuh Anda.

2. Majalah di pesawat
Sementara membolak-balik majalah di pesawat mungkin terlihat seperti kegiatan yang tidak berbahaya untuk melewatkan waktu, namun ternyata para peneliti menyatakan bahwa itu adalah cara untuk berinteraksi dengan bakteri.

Para ahli dari Drexel Medicine, Philadelphia Drexel University College of Medicine menunjukkan bahwa ratusan orang telah bersentuhan dengan majalah yang jarang sekali diganti ini. Satu-satunya waktu untuk membersihkan majalah ini adalah saat ada publikasi umum.
Sebaiknya Anda menghindari bersentuhan dengan majalah-majalah ini mulai sekarang.

3. Selimut dan bantal
Seorang pramugari dari maskapai penerbangan yang meminta namanya dirahasiakan menyatakan bahwa selimut dan bantal yang disediakan dari pesawat tidak selalu dicuci, walaupun Anda menerimanya dalam keadaan terbungkus.
Ia juga mengatakan bahwa satu-satunya yang pernah ia liat bersih adalah selimut dan bantal pada penerbangan pertama di pagi hari. Sisanya, biasanya para awak kabin hanya melihat dan memasukkan kembali ke dalam plastik.

Selimut dan bantal pesawat. Sumber : mydomaine.com

Sebuah penyelidikan dari Wall Street Journal di tahun 2007 mengatakan bahwa sebuah maskapai penerbangan biasanya membersihkan selimut setiap 5 sampai 30 hari, saat mereka merasa itu perlu dibersihkan.

4. Kamar mandi
Tidak heran bahwa kamar mandi adalah surga bagi kuman dan bakteri jahat, namun Anda harus memahami mana titik-titik terburuk dari semua tempat, seperti tombol flush WC.

Kamar mandi pesawat. Sumber : mydomaine.com

Solusi yang diberikan oleh Jane adalah untuk selalu mencuci tangan dengan air dan sabun, dan tidak hanya mengandalkan produk gel antibakteri, karena sebenarnya mereka tidak bekerja sebaik sabun dan air.

5. Wastafel
Sebuah studi menunjukkan bahwa wastafel adalah sarang terbesar kedua bagi kuman dan bakteri, setelah meja makan. Para peneliti dapat menemukan 1.240 bakteri pada setiap inci wastafel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.