Sukses

Alasan Kenapa Terdapat Tanda Lahir di Kulit Anda

Pernah bertanya apa penyebab munculnya tanda lahir? Ini alasannya.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa beberapa orang dilahirkan dengan tanda lahir, tapi ada juga yang tidak memilikinya? Apa yang terjadi pada bayi di dalam kandungan sehingga bisa memiliki tanda pada kulit mereka? Pasti Anda penasaran bukan?

Seperti dilansir dari Goodhousekeeping.com, Senin (30/5/2016), tanda lahir dengan pigmen biasanya disebabkan oleh peningkatan melanin di daerah tanda lahir itu muncul. Kemunculan ini biasa disebut sebagai  tahi lalat, atau bintik pada kulit, yang cenderung lenyap saat remaja. Biasanya, tak satu pun dari tanda-tanda ini menyebabkan masalah kesehatan, tetapi sebaiknya Anda harus menemui dokter jika mereka bertumbuh atau berubah warna.

Dunia medis memiliki info lebih lanjut tentang tanda lahir vaskuler dan penyebabnya. Yang paling umum dari tanda lahir vaskuler adalah tanda lahir "gigitan bangau." Mirip dengan spider veins, tanda lahir ini biasanya disebabkan oleh peregangan kapiler. Hampir semua bayi memiliki tanda lahir ini pada saat lahir, namun biasanya memudar dalam waktu 18 bulan setelah kelahiran.

Tanda lahir lain yang biasa ditemukan pada bayi adalah hemangioma infantil. Seperti kulit stroberi, tanda ini sebenarnya adalah tumor jinak di sel-sel yang melapisi pembuluh darah. Meskipun mereka biasanya hanya bertahan sampai dua tahun, sekitar 10% tumbuh lebih besar dari waktu ke waktu, dan dapat menyebabkan gangguan penglihatan dan pendengaran.

Satu studi dari Pediatric Dermatology Journal menemukan bahwa penurunan oksigen dalam plasenta bisa mendorong tanda lahir jenis ini untuk mengembangkan, sedangkan penelitian dari Medical College of Wisconsin menemukan bahwa berat badan rendah pada saat lahir adalah penyebab terbesar dari tanda lahir jenis ini.

Tanda lahir lainnya yang umum ditemukan dikenal sebagai dengan nama port wine. Mereka muncul sebagai bintik-bintik merah timbul pada kulit, dan seperti tanda lahir yang lain, mereka terjadi ketika pembuluh kapiler tidak tumbuh dengan benar. Meskipun tanda lahir ini mungkin tidak menunjukkan kelainan apa-apa, tapi bisa juga menandakan sindrom Sturge-Weber, di mana penderita memiliki pembuluh darah abnormal di seluruh kulit, otak dan mata.

Jika Anda mendapatkan bintik-bintik merah di kulit dan merasakan gejala lain seperti kelemahan otot atau glaukoma, tanda lahir Anda bisa menjadi alasan untuk berkonsultasi ke dokter. Periksa juga semua tahi lalat dan tanda-tanda di kulit lainnya, untuk memastikan mereka tidak berubah dari waktu ke waktu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini