Sukses

Awas, Salah Riasan Bisa Bikin Wajah Tambah Tua

Jangan sampai Anda salah memakai riasan, karena bisa bikin wajah terlihat tambah tua.

Liputan6.com, Jakarta Makeup seharusnya membuat wajah terlihat lebih segar dan cerah, namun jika salah pakai ternyata wajah justru terlihat tambah tua. Jangan sampai hal ini terjadi pada Anda. Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan yang dilansir dari Brightside.me pada hari Sabtu (28/5/2016). 

1. Terlalu banyak concealer dan foundation
Karena ingin wajah terlihat wajah sangat mulus banyak perempuan yang saat merias wajah menggunakan foundation dan concealer dengan tebal, padahal itu justru membuat wajah terlihat kaku dan garis kerutan makin terlihat. Gunakan foundation dan concealer setipis mungkin (untuk foundation cukup dua titik di kedua pipi, dahi. hidung dan dagu sedang concealer cukup satu titik di bagian-bagian wajah yang bermasalah seperti di bagian noda maupun bagian kulit yang gelap seperti bawah mata). Jika concealer dan foundation teksturnya tebal, maka baurkan dulu dengan mencampurkan sedikit pelembap.

2. Terlalu banyak maskara di bulu mata bagian bawah
Maskara membuat bulu mata terlihat lentik, tebal dan mata pun terlihat lebih hidup. namun, menggunakan maskara dengan tebal di bulu mata bagian bawah justru membuat wajah terlihat tua karena tampilan mata jadi berat, sekaligus membuat garis-garis kerut di bawah mata tampak lebih menonjol.

3. Salah pilih warna lipstik
Tak hanya teksturnya yang harus diperhatikan, namun warna lipstik juga harus disesuaikan dengan warna kulit pemakainya.
Selain warna kulit, bentuk bibir pemakai juga harus dicermati. Semakin tua kolagen di tubuh (termasuk bibir) semakin berkurang dan untuk bibir berarti bibir akan menipis, dan lipstik warna tua akan semakin mempertegas bentuk bibir yang tipis. Jika bibir Anda memang secara alami tipis, hindari warna yang terlalu tua dan pekat, dan beri sedikit pelembap agar terlihat lebih segar dan muda.

4.Memakai eyeshadow warna gelap di seluruh kelopak mata
Hindari pakai eyeshadow warna gelap di seluruh kelopak mata karena ini pasti membuat wajah terlihat lebih tua. Gunakan eyeshadow warna gelap di sudut-sudut mata bagian luar.

5. Memakai eyeliner warna gelap di garis mata bagian bawah
Ini memberi efek mata yang lebih kecil. Untuk garis mata bagian bawah coba gunakan eyeliner warna terang seperti warna putih atau beige.

6. Memakai terlalu banyak bedak
Pakai setipis mungkin, atau pakai bedak hanya di bagian-bagian yang berminyak karena bedak cenderung menumpuk di bagian kerutan kulit seperti bawah mata dan sudut-sudut mulut, dan ini membuat kerutan-kerutan tersebut tampak makin jelas.

7. Membuat alis tampak tidak wajar
Alis yang terlalu tebal dan gelap membuat wajah terkesan tidak rapi, sedang alis yang terlalu tipis atau terlalu melengkung tinggi terlihat sangat kuno.

(Ardi Suryaatmaja)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini