Sukses

Tak Perlu ke Salon untuk Dapatkan Blow Dry Sempurna

Ingin hasil blow dry di rumah seperti di salon? Simak caranya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Tataan rambut sempurna merupakan impian semua wanita. Namun, keterbatasan alat dan keterampilan tangan yang tidak secanggih hairstylist salon membuat kita menata rambut apa adanya. Namun ternyata, tidak susah mendapatkan hasil blow dry ala salon. Anda cukup beberapa hal seperti yang dilansir oleh Allure.com, Sabtu (28/5/2016).

1. Perhatikan sampo dan kondisioner Anda
Jika Anda ingin rambut bervolume, atau jika rambut Anda tipis dan lemas gunakan sampo dan kondisioner ringan (biasanya ada kata volumizing). Hindari sampo dan kondisioner yang mengandung banyak pelembap (biasanya ada kata moisturizing atau damage repair). Juga cobalah balik urutan keramas Anda dengan menggunakan kondisioner dulu baru menggunakan sampo.
Sebaliknya, jika Anda ingin hasil blow dry yang sangat halus, atau jika rambut Anda tebal dan kasar, gunakan sampo dan kondisioner yang banyak mengandung pelembab dan sebelum blow gunakan kondisioner tanpa bilas (leave in conditioner).

2. Jangan blow rambut di kamar mandi
Alasannya adalah kamar mandi udaranya lembap terlebih jika Anda mandi dengan air hangat, dan ini akan membuat rambut jadi frizzy dan mengembang.

3. Tunggu sampai rambut agak kering
Jika Anda blow dry rambut yang masih sangat basah maka rambut akan lama keringnya, akibatnya tangan pun pegal. Tunggu sampai rambut agak kering atau keringkan rambut secara acak dengan hairdryer sampai kira-kira 70-80% kering, baru blow dry rambut.

4. Gunakan produk penata rambut
Produk seperti foam, gel, serum digunakan sebelum rambut ditata untuk memudahkan Anda mendapatkan hasil yang diinginkan, dan juga membuat hasil blow Anda lebih tahan lama.
Saat menggunakan foam atau gel di rambut lembap, Anda harus segera blow rambut karena kedua produk tersebut akan 'mengunci' tekstur ikal dan gelombang rambut. Akibatnya nanti akan sulit bagi Anda untuk mendapatkan hasil rambut yang lurus sempurna.

5. Blow bagian poni lebih dulu
Sebelum terlanjur susah dibentuk maka bagian poni sebaiknya ditata lebih dulu, untuk poni samping gunakan sisir blow bulat ukuran medium dan blow ke arah samping. Untuk poni lurus rata, gunakan sikat biasa dan sisir poni ke kiri dan kanan agar poni sedikit bervolume dan tak terlalu lepek.

6. Hairdryer ion v.s hairdryer biasa
Apakah perlu menggunakan hairdryer ion? Tergantung dari hasil yang Anda inginkan. Ion membuat kutikula rambut lebih rata, cocok untuk Anda yang ingin hasil blow yang lurus tanpa volume. Jika Anda ingin hasil akhir blow rambut yang bervolume jangan gunakan hairdryer ion.

7. Jangan langsung dilepas
Saat menata rambut dengan sisir blow bulat, jangan langsung melepas sisir dari rambut. Gulung bagian rambut di sisir blow bulat, tarik ke arah atas lalu ke belakang. Tahan dulu selama beberapa detik lalu pindah ke bagian rambut lain. Teknik ini memberi tambahan volume pada rambut.

8. Pastikan semuanya kering
Usai blow dry rambut pastikan semua bagian rambut benar-benar sudah kering. Jika masih ada beberapa bagian yang terasa agak lembap ini akan membuat rambut jadi frizzy, dan hasil blow pun tak bertahan lama.

(Ardi Suryaatmaja)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.