Sukses

Mau Tubuh Berotot? Tak Perlu Repot ke Gym, Ini Alternatifnya

Jika Anda ingin tubuh berototo tapi tidak memiliki waktu untuk ke gym, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan secara mandiri.

Liputan6.com, Jakarta Pentingnya menjaga kebugaran tubuh akan memberikan pengaruh besar pada produktivitas, khususnya bagi kaum pria. Salah satu cara utama yang bisa Anda lakukan sudah tentu dengan olahraga.

Tren olahraga baik untuk menjaga kebugaran atau bahkan membentuk tubuh di tengah kaum urban kini terus berkembang. Seperti dilansir dari Huffingtonpost.com pada Selasa (31/5/2016), seorang personal trainer bernama Fairfax Hackley mengatakan tak perlu jauh-jauh ke tempat gym untuk menjaga kebugaran atau bahkan membentuk tubuh karena hanya perlu melakukan beberapa hal.

Tim Liputan6.com pun merangkum beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh tanpa harus ke tempat gym.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Squats

1. Squats

Selain berlari, squat merupakan aktivitas yang serbaguna dan tidak membutuhkan peralatan karena yang terpenting adalah sikap seolah jongkok dengan sempurna. Menurut Jim White, pemilik Jim White Fitness & Nutrition Studios di Pantai Virginia dan Norfolk, Virginia, Anda hanya harus berdiri tegak dengan kaki terbuka selebar pinggul, tangan diluruskan ke depan serta bahu santai. Setelah itu perlahan buat tubuh Anda seolah ingin jongkok dan kembali berdiri ke posisi awal. Lakukan secara teratur ketika waktu luang di kantor paling tidak 8-12 hitungan.

3 dari 7 halaman

Lunges

2. Lunges

Latihan selanjutnya adalah lunges atau kegiatan menekukkan lutut ketika dalam posisi berdiri. Jim mengatakan bahwa dengan latihan ini untuk membentuk tubuh bagian atas dan panggul. Anda hanya harus berdiri tegak, memajukan salah satu kaki, lalu bersiap untuk menekuk ke depan. Agar latihan ini jauh lebih terasa Anda bisa menggunakan barbel atau pemberat agar otot tangan semakin terlatih.Selain melakukan hal tersebut di tempat, Anda juga melangkah maju terus agar latihan menjadi lebih variasi.

4 dari 7 halaman

Cardio



3. Cardio

Berkeringat selama 20 sampai 40 menit karena berlari menggunakan treadmill atau elips di tempat gym mungkin biasa Anda lakukan. Namun, hal tersebut tidak menjamin akan berdampak signifikan pada metabolisme tubuh Anda. Menurut Nick Balestriere, pelatih di True Health Integrative Systems di Boca Raton, Florida, cardio bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti berlari atau melompat.

5 dari 7 halaman

Yoga

4. Yoga

Ilustrasi Yoga (iStockphoto)

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang kini tengah digandrungi berbagai kalangan di Indonesia. Ambil nafas dalam-dalam dan mengucapkan "namaste" merupakan bagian dari olahraga ini dan dinilai akan menghilangkan sesuatu yang buruk dari diri manusia. Yoga memiliki kemampuan untuk meningkatkan pernapasan dan fleksibilitas tubuh Anda. Selain melatih bernapas, otot-otot tubuh yang lentur oleh karena latihan ini akan menghindarkan dari cedera saat beraktivitas.

6 dari 7 halaman

Planks

5. Planks

Salah satu aktivitas murah meriah selain berlari yang bisa Anda lakukan adalah planks. Kegiatan ini akan membuat tulang punggung Anda jadi lebih kuat dan stabil. Anda hanya perlu memposisikan tubuh seolah ingin push-up. Namun, Anda tidak menaik turunkan tubuh dan hanya menekuk tangan sehingga tertopang dengan siku, lalu menahannya. Terlihat sederhana, tetapi banyak orang yang mencoba melakukannya mengatakan kegiatan ini sangat berat. Latihan ini juga mencegah Anda dari sakit osteoporosis.

7 dari 7 halaman

Pelatihan fungsional

6. Pelatihan fungsional

Pelatihan fungsional berkaitan dengan aktivitas keseharian Anda. Tak ada yang lebih bermanfaat dari aktivitas sehari-hari, seperti berkebun, cuci mobil, atau kegiatan lainnya yang menuntut otot untuk bekerja. Selain tubuh Anda menjadi lebih bugar dan otot terbentuk, latihan ini sudah tentu bermanfaat ketika pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan dapat selesai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.