Sukses

Sebelum Berenang Jangan Konsumsi 6 Makanan Ini

Berenang bisa menjadi tidak menyenangkan bila sebelumnya Anda mengonsumsi makanan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Berenang umumnya merupakan kegiatan yang menyenangkan. Selain menyehatkan, kegiatan ini juga memberikan rekreasi bagi pikiran karena tubuh lebih bebas berekspresi di dalam air.

Namun, kegiatan ini bisa menjadi tidak menyenangkan bila Anda salah memakan makanan sebelum melakukannya. Sebab, makanan tersebut bisa memberikan dampak yang tidak mengenakan. Dikutip dari Good Housekeeping, Jumat (27/5/2016), berikut makanan yang perlu dihindari sebelum Anda berenang.

1. Es krim
Makan makanan dengan kandungan lemak tinggi sebelum berenang bisa menyebabkan kembung dan perasaan tidak nyaman lainnya pada lambung. Es krim salah satu makanan dengan karakteristik tersebut, sehingga sebaiknya dihindari sebelum berenang.

2. Makanan pedas
Tubuh cenderung berposisi horisontal selagi berenang sehingga makanan pedas bisa menyebabkan kendala. Makanan ini cenderung akan naik (refluks) ke kerongkongan dengan posisi tubuh horisontal sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman pada dada dan atau leher.

3. Jus buah dan soda
Kedua minuman ini dapat menyebabkan kembung dan kram. Sebab, keduanya tinggi gula yang saat dicerna akan menghasilkan gas yang mendorong dinding lambung dan usus. Meski begitu, tetap terhidrasi dengan baik merupakan hal penting saat berenang, maka Anda perlu meminum air atau cairan elektrolit.

4. Alkohol
Konsumsi alkohol dapat menyebabkan kesadaran menurun dan akan berbahaya bila Anda sedang berada di air. Mungkin jika Anda mau maka minum lah setelah berenang.

5. Kacang
Kacang dan biji-bijian mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan. Namun, ketika dimakan sebelum berenang, kacang akan memicu konstipasi, kembung, dan kram pada perut.

6. Kopi
Kafein memang akan memacu energi Anda saat berenang. Namun, minuman ini akan memicu Anda untuk dehidrasi karena memiliki efek diuretik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini