Sukses

Anak Autis Ini Bantu Anjing di Shelter untuk Menemukan Rumah

Jacob Tumalan, seorang anak laki-laki berusia 6 tahun penderita autisme selalu datang ke tempat penampungan hewan untuk membacakan cerita.

Liputan6.com, Jakarta Anjing-anjing di sebuah penampungan hewan di Gardena, California tampaknya terbiasa dengan kehadiran seorang anak laki-laki berusia enam tahun yang bernama Jacob Tumalan. Dilansir dari mymodernmet.com, Kamis (26/5/2016), Jacob biasanya mengunjungi tempat penampungan ini setiap hari Kamis, setelah pulang untuk sekedar membacakan cerita, agar anjing-anjing di sana merasa tenang.

Jacob yang mengalami autisme biasanya duduk di dekat kandang dengan menggelar sebuah tikar dan membacakan sebuah buku cerita.

Ritual menarik ini dimulai Jacob sekitar enam bulan yang lalu, ketika bibinya, yang merupakan seorang penyelamat hewan, membawanya untuk mengunjungi tempat penampungan dan melihat bahwa Jacob mampu menciptakan suatu ikatan khusus dengan semua anjing yang ada di sana.

Jacob terbiasa datang ke tempat penampungan untuk membacakan cerita kepada anjing-anjing di sana. Sumber : mymodernmet.com

Meskipun autis, Jacob tidak pernah merasa terganggu dengan aktivitas sibuk dan suara gonggongan dari para anjing di sana, bahkan Jacob cenderung mudah menjadi santai dan fokus saat bercengkerama dengan anjing-anjing tersebut.

Jacob Tumalan adalah seorang anak laki-laki penderita autisme. Sumber : mymodernmet.com

Jacob selalu membacakan cerita setiap minggu di tempat penampungan sampai anjing-anjing di sana menemukan rumah yang baru untuk mereka. Sumber : mymodernmet.com

Jacob mengatakan, "Ketika saya membacakan sebuah cerita, mereka akan keluar dari kandang dan menemukan rumah mereka. Mereka harus menemukan rumah baru karena mereka sendiri, bukan hal lain."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.