Sukses

MesaStila Run 2016 Siap Susuri Keindahan Alam Jawa Tengah

Kementerian Pariwisata mendukung digelarnya Ajang lomba lari ultra trail internasional, MesaStila Challenge Ultras pada 8-9 Oktober 2016.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka promosi dan memajukan pariwisata Jawa Tengah khususnya wisata Gunung Merbabu dan Merapi, Kementerian Pariwisata mendukung digelarnya MesaStila Challenge Ultras pada 8-9 Oktober 2016. Ajang lomba lari ultra trail internasional yang digelar untuk ke-6 kalinya ini diprediksi mampu menarik kunjungan wisata mancanegara. 

Esthy Reko Astuti, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata mengatakan, saat jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Kamis (26/5/2016), penyelenggaraan event sport tourism ini selain memberikan dampak langsung terhadap pengembangan ekonomi masyarakat juga menjadi sarana efektif untuk memperkenalkan wisata Jawa Tengah.

“Kegiatan ini akan mendatangkan 500 peserta, 125 peserta di antaranya wisman yang datang dari 25 negara dengan total pengeluaran sekitar Rp 1,5 miliar,” kata Esthy Reko Astuti.

Jawa Tengah sendiri menargetkan 26 juta wisatawan nusantara dengan pengeluaran sekitar Rp 20 triliun dan 420 ribu kunjungan wisatawan mancanegara dengan perolehan devisa sebesar Rp 7 triliun.

MesaStila Challenge Ultra 2016 akan melombakan olahraga lari dalam 4 jenis kategori.

Kemenpar terus mendorong kegiatan sport tourism internasional di Tanah Air yang memberikan dampak ekonomi langsung pada masyarakat maupun media value sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan. Sejumlah kegiatan wisata olahraga di Tanah Air seperti; Tour de Singkarak (TdS), Tour de Bintan (TdB), Tour de Flores (TdF), Musi Tributon, Jakarta Marathon, Iron Man banyak mendatang wisatawan.

Begitu juga dengan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan ajang olahraga internasional MotoGP 2017 dan Asian Games di Jakarta dan Palembang pada 2018 mendatang akan mendongkrak kunjungan wisman.

MesaStila Challenge Ultra 2016 akan melombakan olahraga lari dalam kategori MesaStila 5 Peak Challenge 100 km, MesaStila 4 Peak Challenge 65 km, MesaStila Marathon 42 km, dan MesaStila Run 21 K & 11 K. Para peserta lomba lari ini akan melintasi berbagai rintangan sambil menikmati obyek wisata antara lain jalur kereta tua, Stasiun Kereta Ambarawa, jembatan lintasan kereta, pemukiman penduduk, serta hamparan persawahan dan perkebunan kopi yang ada di lereng Gunung Merapi hingga Gunung Merbabu. Selain itu para peserta, seusai mengikuti lomba, dapat tinggal di resort dengan harga promo yang diberikan pihak penyelenggara dari MesaStila Resort.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini