Sukses

Majalengka Kenalkan Festival Pesona Wisata Religi Al-Mizan

Potensi wisata religi Majalengka digarap apik oleh Pondok Pesantren Al-Mizan lewat Festival Pesona Religi Al-Mizan

Liputan6.com, Jakarta Jika berwisata membuat kita merasa segar dan siap kembali beraktivitas, wisata religi memberi manfaat lebih lainnya. Ya, selain menyegarkan pikiran, kita juga dapat mempertebal keyakinan kepada Sang Pencipta.

Potensi wisata religi di Indonesia juga terbilang besar. Salah satunya agenda rutin menyambut hari lahir Pondok Pesantren Al-Mizan Jatiwangi, Majalengka, Jawa Barat. Festival Al-Mizan tahun 2016 yang digelar pada Jumat-Sabtu, 27-28 Mei 2016 dengan tajuk Festival Pesona Wisata Religi Al-Mizan mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata.

Berbagai rangkaian wisata religi dipersiapkan mulai dari Karnaval Wisata Religi, Karnaval Seni Budaya, serta Dzikir Budaya dan Kebangsaan. Di antaranya pagelaran kolosal Wayang Ajen & Wayang Kulit Indramayu, Ritual Bakar Tanah, Konser Musik Tanah Liat, Karnaval Dongdang & Bedug Dulag, Parade Seni Budaya Lokal dan Pagelaran Seni Santri Nusantara.

Selain itu bertepatan dengan datangnya bulan suci Ramadan, Festival Al-Mizan kali ini ingin menghadirkan spirit puasa untuk menguatkan sisi-sisi kemanusiaan. Sementara gelaran beragam seni tradisi dan budaya adalah upaya untuk melembutkan kekakuan sikap sekaligus menampilkan penghargaan terhadap perbedaan.

Hal tersebut sejalan dengan pemahaman religius dan semangat humanis Al-Mizan untuk menghargai dan toleransi segala bentuk perbedaan dan keragaman. Terlebih pada konteks Indonesia sebagai bangsa dengan beragam suku, ras, dan golongan. Festival Al-Mizan bertujuan untuk mengakomodir berbagai potensi seni budaya lokal kabupaten Majalengka untuk mengembangkan pariwisata berbasis budaya dan religi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini