Sukses

MUFFEST 2016 Ajang Bikin Fashion Muslim Indonesia Mendunia

Liputan6.com, Jakarta Busana muslim atau modest wear Indonesia dinilai dapat bersaing di pasar dunia. Sebab, Indonesia mempunyai tiga kekuatan untuk mengembangkan tren busana muslim, yakni sumber daya alam, budaya, dan kreatif.

Namun, satu hal yang perlu dikembangkan adalah pemasaran produk yang tepat. Salah satu ajang untuk mengembangkan pemasaran adalah dengan mengadakan event besar yang dapat menarik para konsumen busana muslim sekaligus memfasilitasi pelaku usaha industri ini, salah satunya Muslim Fashion Festival (MUFFEST) Indonesia.

Ali Charisma, Ketua Nasional Indonesia Fashion Chamber (IFC), mengatakan, ini merupakan waktu yang tepat mengadakan event busana muslim karena mendekati bulan Ramadhan, dimana busana muslim sedang menjadi fokus pemerintah untuk memajukan industri mode Indonesia. Ajang tersebut ditargetkan menjadi etalase bagi produk busana muslim Indonesia agar terekspos sampai ke kancah internasional.

"MUFFEST Indonesia merupakan langkah konkret dan berkesinambungan dalam menggerakan industri busana muslim untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia," kata Ali pada pembukaan MUFFEST Indonesia di Jakarta, Rabu (25/5/2016).

Di sisi lain, Indonesia memiliki jumlah penduduk Muslim yang besar. Tak heran, Indonesia merupakan pangsa pasar potensial untuk busana muslim.

Model memperagakan busana muslim di MUFFEST 2016.

Ali menilai, hal itu pun seharusnya dimanfaatkan oleh pelaku industri untuk menjadi raja di negeri sendiri. Jangan sampai pasar di Indonesia justru didominasi oleh merek-merek luar.

Sejumlah merek global, mulai dari kategori high-end hingga high-street fashion semakin marak merambah pada modest wear, dari Dolce & Gabbana, Zara, Mango, hingga H&M. Namun, Ali percaya selama produk dalam negeri memiliki keunikan dan kualitas yang baik maka tetap disukai, baik di dalam maupun di luar negeri.

Model memperagakan busana muslim di MUFFEST 2016.

Pemerintah pun mencanangkan Indonesia sebagai pusat fashion muslim di tingkat Asia pada 2018 dan tingkat dunia 2020. Menjadi kiblat mode muslim dunia, berarti menjadi pusat inspirasi atau tren, pusat standarisasi kualitas, pusat produksi, dan pusat belanja sehingga dapat menggerakan perekonomian nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

MUFFEST Indonesia sendiri berlangsung pada 25-29 Mei 2016 di Plaza Selatan, Istora Senayan, Jakarta. MUFFEST menggaungkan keragaman style busana muslim khas Indonesia agar tersebar luas hingga skala internasional melalui tema #ScreenshootTheLook.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.