Sukses

Ini 5 Ritual Kecantikan yang Tidak Boleh Dilakukan Sendirian

Liputan6.com, Jakarta Anda pasti pernah mencoba berbagai hal sendiri, seperti membuat aksen pada celana jeans atau membuat hiasan dinding di kamar tidur Anda. Namun, ternyata ketika masalahnya ada pada kulit dan rambut, Anda tidak disarankan, bahkan dilarang untuk melakukannya sendiri. Datanglah kepada ahlinya yang jauh lebih mengerti tentang keadaan kulit dan rambut yang sehat.

Dilansir dari purewow.com, Rabu (25/5/2016), berikut ini adalah beberapa ritual kecantikan yang tidak boleh Anda lakukan sendirian.

1. Memotong poni rambut

Memotong poni rambut. Sumber : purewow.com

Rasanya saat ini memotong poni rambut sendiri telah menjadi kebiasaan yang sering dilakukan di rumah, khususnya bagi kaum wanita. Namun, Anda tidak disarankan untuk memotong sendiri poni rambut Anda dan datanglah kepada hair stylist rambut profesional atau salon. Walaupun Anda merasa bisa melakukannya sendiri, akan ada banyak kemungkinan untuk kesalahan, entah itu terlalu pendek atau tidak rata.

Apabila salah potong saat mencobanya sendiri di rumah, penampilan wajah akan terlihat kacau dan tidak prima dalam waktu lama, sampai helaian poni tumbuh kembali.

2. Mengubah warna rambut

Mengubah warna rambut. Sumber : purewow.com

Untuk setiap perubahan warna rambut yang drastis akan Anda lakukan pada rambut, Anda disarankan datang ke salon profesional yang mengerti masalah rambut. Ingatlah, Anda berhadapan dengan bahan kimia di sini. Kandungan pewarna yang salah atau berkualitas kurang baik dapat membuat rambut rusak dan rontok.

3. Waxing atau threading alis

Waxing atau threading alis. Sumber : purewow.com

Jangan pernah main-main dengan alis Anda, karena sedikit kecelakaan atau kesalahan yang terjadi dapat menyebabkan kerusakan permanen pada alis, dan membuat mimik wajah berubah.

4. Memencet jerawat

Memencet jerawat. Sumber : purewow.com

Seharusnya ada banyak pertimbangan ketika Anda ingin menghilangkan jerawat sendiri. Memencet jerawat sendiri dengan jari jemari dapat menyebabkan infeksi, memperburuk peradangan jerawat, dan menimbulkan bekas luka. Anda belum terlatih dan tidak mengetahui cara yang aman dan efektif untuk melakukannya. Satu-satunya cara terbaik untuk menghilangkan jerawat adalah datang ke dokter kulit atau melakukan perawatan facial di klinik kecantikan terpercaya.

5. Menghilangkan jerawat dengan pasta gigi

Menghilangkan jerawat dengan pasta gigi. Sumber : purewow.com

Mungkin banyak orang menyarankan Anda untuk menghilangkan jerawat menggunakan pasta gigi, namun ternyata pasta gigi hanya mengurangi peradangan untuk sementara waktu, bahkan dapat menyebabkan iritasi dan perubahan warna kulit. Anda disarankan untuk mengobati jerawat dengan menggunakan obat-obatan khusus jerawat dari dokter spesialis kulit .

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini