Sukses

Jangan Lakukan Hal Ini Pada Boarding Pass Anda

Ternyata mengunggah foto boarding pass di akun media sosial dapat sangat membahayakan, kenapa? Simak di sini alasannya.

Liputan6.com, Jakarta Anda akan melakukan perjalanan ke sebuah tempat yang baru dan menarik, tidak menunggu sampai di sana untuk memberitahukan semua orang tentang antusias Anda, maka apa yang biasanya Anda lakukan? Mengambil gambar dari boarding pass, kemudian mengunggahnya di media sosial? Benar? Apakah hal ini terdengar familiar bagi Anda?

Dilansir dari huffingtonpost.com, Selasa (24/5/2016), mengunggah foto boarding pass Anda ke media sosial ternyata dapat menimbulkan konsekuensi yang sangat berbahaya. Hal ini tidak hanya untuk diri Anda sendiri, namun juga semua orang yang berada dalam satu perjalanan dengan Anda.

Anda tahu mengapa? Karena informasi yang tercetak dalam sebuah boarding pass dapat mengungkapkan banyak hal, lebih dari apa yang pernah Anda pikirkan.

Baru-baru ini sebuah blog bernama KrebsonSecurity menjelaskan bahwa ada satu situs yang dapat membaca barcode yang tercetak dalam sebuah boarding pass dan memungkinkan seseorang untuk mengakses informasi perjalanan Anda, termasuk nomor telepon, nomor frequent flyer, dan informasi mengenai penerbangan yang Anda gunakan. Bahkan melalui sebuah boarding pass, seseorang dapat mengetahui penerbangan di masa mendatang yang dipesan melalui nomor yang sama, tempat duduk Anda di pesawat, dan membatalkan penerbangan yang Anda lakukan, serta me-reset ulang nomor PIN akun pribadi Anda.

Anda mungkin sangat antusias terhadap perjalanan Anda, namun bukan berarti Anda harus membagikan foto boarding pass kepada semua teman-teman di akun media sosial Anda. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.