Sukses

5 Alasan Olahraga Dapat Rusak Kesehatan Kulit

Kebiasaan berolahraga ternyata dapat merusak kulit, cari tahu alasannya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Rajin olahraga biasanya identik dengan tubuh yang bugar dan kulit yang sehat. Namun, banyak wanita yang tidak memperhatikan kondisi kulit, sehingga kebiasaan berolahraga justru membuat kulit mereka menjadi lebih rusak.

Seperti dilansir dari Allure.com, Selasa (24/5/2016), beberapa kebiasaan olahraga berikut dapat memperburuk keadaan kulit lho! Apa saja? Simak yang berikut ini.

1. Tetap makeup saat olahraga
Teori ini tampak mudah dilakukan, tapi banyak yang lupa melakukan. Padahal, jika Anda memakai riasan ke gym, minyak wajah bercampur dengan keringat dan kotoran yang membuat keadaan kulit jadi rawan jerawat. Sebaiknya, bersihkan riasan terlebih dahulu sebelum naik ke sepeda statis. Jika Anda merasa terlalu repot, gunakan facial wipes yang praktis dan mudah dipakai.

2. Tidak menggunakan pakaian yang tepat
Beberapa bahan pakaian justru akan membuat keringat Anda terperangkap di dalam, dan menyebabkan jerawat, seperti jerawat punggung. Gunakan bahan pakaian khusus untuk olahraga, yang dapat menyerap keringat, dan menjaga sirkulasi udara pada pakaian.

3. Lupa pakai tabir surya
Olahraga di dalam dan di luar ruangan, Anda wajib menggunakan tabir surya. Berlari di treadmill dekat jendela gym tidak menghindari Anda dari sinar matahari yang terpapar. Pakai dan aplikasi ulang tabir surya tiap ada kesempatan.

4. Bekas gesekan
Bekas gesekan dan iritasi banyak disebabkan oleh gesekan terus menerus pada kulit. Bisa jadi gesekan antara kulit, atau gesekan dengan baju. Jika dibiarkan kering, bekas gesekan akan menjadi luka permanen yang membuat noda di kulit. Gunakan pelembap atau salep yang dapat melindungi kulit tidak menggesek lebih dalam.

5. Garis keriput
Banyak yang bilang, olahraga berlari dapat menghancurkan kolagen, dan membuat keadaan kulit menjadi kendur. Tak ada yang membenarkan dan menyanggah teori ini. Tapi jika Anda memiliki ketakutan tersendiri terhadap penuaan, sebaiknya pilih olahraga yang memiliki ritme ringan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.