Sukses

Ini Cara Ketahui Pikiran Orang Lain terhadap Cerminan Diri

Seorang ilmuwan menemukan cara logis dan efektif agar seseorang mengetahui pikiran orang lain terhadap dirinya sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Jika punya kemampuan untuk membaca pikiran orang lain saat kita berpapasan dengan mereka, mungkin awalnya jadi sebuah hal yang seru. Namun, bisa jadi sebaliknya jika apa yang dibaca dari orang lain tentang kita bukanlah sesuatu hal baik, sehingga membuat Anda terpuruk.

Namun, jika Anda masih tetap penasaran, seorang ilmuwan asal Inggris, Sir Francis Galton yang menguasai berbagai bidang disiplin ilmu pengetahuan, salah satunya dalam bidang meteorologi, pernah punya caranya untuk lakukan hal tersebut. Pria kelahiran 16 Februari 1822 tersebut melakukan sebuah penelitian perihal membaca pikiran orang dari respons yang mereka tunjukkan.

Seperti dilansir dari Brightside.me pada Senin (23/5/2016), suatu hari Galton melakukan eksperimen aneh sebelum pergi untuk berjalan-jalan di London, Inggris, dengan meyakinkan dirinya bahwa ia adalah orang yang menjijikan dan semua orang yang ditemui membencinya. Ia mencoba untuk fokus mengatakan hal tersebut dalam pikirannya dan pada saat itu, gadis-gadis dan orang yang ditemuinya memandang Galton dengan tidak biasa.

Galton menemukan fakta bahwa mereka terlihat memusuhinya. Beberapa di antaranya membenci dirinya sampai menyumpahi hal buruk. Bahkan saat Galton lewat pelabuhan, ia menyikut rekan ilmuwannya hingga terjatuh.

Sir Franscis Galton

Mendadak sontak banyak orang yang melihatnya bersimpati pada rekan Galton yang jatuh akibat disikut dan ia sendiri semakin dibenci. Galton menjelaskan bahwa hal ini bukanlah sebuah hal ajaib yang membutuhkan kemampuan khusus untuk bisa mengerti.

Galton pun mendapati dua buah kesimpulan perihal penelitiannya, yaitu pertama, pikiran seseorang akan dirinya secara tidak langsung akan mengubah respons lingkungan terhadapnya. Kedua, Galton mengatakan bahwa tak perlu menjelaskan apa yang sedang dirasakan karena lingkungan bisa merasakannya.

Galton pun menambahkan, jika seseorang berpikir dan fokus akan sebuah kata sukses, hal itu dapat terjadi sesuai dengan yang dipikirkannya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.