Sukses

Pilot Ini Beri Kejutan Para Penumpang dari Atas Langit Maumere

Miguel Echevarria, seorang pilot asal Spanyol, memberikan kejutan untuk para penumpang pesawat dari langit Maumere.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah kejutan diberikan kapten pilot Miguel Echevarria kepada penumpang Wings air. Pada penerbangan IW 1821 rute Maumere-Denpasar, Sabtu (21/5/2016), pilot asal Spanyol ini memberi free tour mengelilingi Gunung Kelimutu.

Sekitar 15 menit penerbangan dari Bandara Frans Seda, Kapten Miguel mengeluarkan pengumuman. Ia mengatakan penerbangan akan mendekati Gunung Kelimutu di Kabupaten Ende dan ia akan menerbangkan pesawat ATR72-500 mengelilingi kawah berwarna tersebut.

Benar saja, kapten Miguel memberikan free tour penerbangan ini selama kurang lebih empat menit. Cuaca cerah sekitar pukul 09.00 Waktu Indonesia Bagian Tengah sangat mendukung aksi sang pilot.

Penumpang bisa melihat keindahan kawah tiga warna dari ketinggian 5.000 meter di atas permukaan laut. Menurut awak kabin, free tour tersebut memang sebuah kejutan, mengingat biasanya penerbangan langsung menuju Denpasar.

Kawah Gunung Kelimutu berada di ketinggian 1.639 meter di atas permukaan laut. Salah satu obyek wisata andalan Provinsi Nusa Tenggara Timur itu terletak di Pulau Flores. Untuk mencapai lokasi ini, dari Maumere perjalanan menempuh jarak sekitar 117 kilometer, atau menghabiskan waktu sekitar tiga jam perjalanan. 

Waktu terbaik menikmati pemandangan alam Gunung Kelimutu adalah di pagi hari. Saat sunrise adalah waktu yang tepat menyaksikan keindahan kawah berwarna ini. Biasanya wisatawan menginap di Desa Moni sebelum bergerak menuju puncak.

Dari Desa Moni, wisatawan perlu menuju titik pendakian yang jaraknya sekitar 13 kilometer. Karena jalan terjal dan berliku, perjalanan menggunakan mobil bisa menghabiskan waktu sekitar setengah jam. Dari titik awal pendakian, perjalanan dilanjutkan dengan treking mendaki sejauh 1,3 kilometer untuk sampai ke bibir kawah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.