Sukses

6 Tanda Anda Kecanduan Main Media Sosial

Media sosial memang bisa membuat seseorang kecanduan, apa saja tandanya?

Liputan6.com, Jakarta Media sosial kini telah mengubah cara banyak orang berkomunikasi dan tetap berhubung dengan teman-teman. Namun, seringkali media sosial juga dapat membuat orang kecanduan.

Banyak orang yang hampir tidak dapat melepaskan diri dari media sosial. Padahal, hal itu dapat mempengaruhi produktivitas Anda sehari-hari. Jika Anda mengalami tanda-tanda seperti yang dikutip dari Metro, Jumat (20/5/2016), maka ini saatnya untuk menarik diri dari media sosial.

1. Ini hal pertama yang Anda cek di pagi hari
Hampir setiap orang yang kecanduan media sosial membuang waktu pagi hari yang berharga dengan menggulirkan jarinya di atas layar. Mengecek notifikasi yang masuk adalah hal pertama dilakukan. Bahkan, sebisa mungkin Anda langsung membalas pesan-pesan yang ditinggalkan teman Anda.

2. Menunda pekerjaan karena media sosial
Menunda-nunda adalah kelemahan terbesar orang yang kecanduan media sosial. Tentu saja, mengecek media sosial sepanjang waktu memang akan mengurangi kesempatan Anda untuk melakukan hal-hal lain yang lebih bermanfaat. Apalagi jika Anda menggunakan media sosial untuk hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan, seperti, ehem... stalking mantan.

3. Check in di setiap lokasi
Setiap lokasi yang Anda datangi, Anda harus mengunggahnya. Istilahnya, check in di setiap tempat Anda berada adalah sebuah keharusan. Motivasinya, mungkin eksistensi.

4. Selfie di setiap kesempatan
Swafoto yang kemudian diunggah di media sosial merupakan makanan Anda sehari-hari. Sampai-sampai terasa ada yang kurang jika Anda tidak melakukannya.

5. Anda sering mendengar suara notifikasi yang sebenarnya tidak ada
Setiap Anda mendengar suara notifikasi, Anda langsung mengecek ponsel. Namun, ternyata tidak ada pesan apapun yang masuk. Itu lah yang dinamakan notifikasi imaginasi yang mungkin sering dirasakan orang-orang yang kecanduan media sosial.

6. Anda selalu memonitor like
Like di media sosial memang menyenangkan, tetapi Anda tidak harus mengeceknya setiap waktu. Jika sudah begini, kemungkinan Anda sudah kecanduan media sosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.