Sukses

Ini Penyebab Kantung Mata dan Cara Mengatasinya

Bagi Anda yang memiliki kantung mata, berikut 3 alasan munculnya kantung mata dan cara mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta Kantung mata menjadi masalah kulit yang paling membuat kebanyakan wanita khawatir. Selain dapat mengurangi percaya diri, kantung mata juga membuat Anda terlihat tidak bersemangat. Tentu hal ini dapat mempengaruhi penampilan Anda.

Menurut penjelasan ahli kulit, dokter Rizal Alaydrus yang diwawancarai Kamis (19/5/2016), di Gandaria, munculnya kantung mata disebabkan oleh tiga hal, yaitu genetik, istirahat yang kurang, dan terdapat gangguan kesehatan pada tubuh.

Kantung mata berhubungan dengan genetik karena permasalahan ini muncul akibat pembuluh darah yang besar. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh genetik atau bawaan sejak lahir. 

Selain itu tidur yang tidak cukup juga menjadi faktor timbulnya kantung mata. Ketika mata Anda dipaksa untuk begadang tanpa diberi jeda untuk beristirahat, pembuluh di sekitar mata akan meregang dan membesar sehingga menyebabkan munculnya kantung mata.

Beberapa gejala penyakit muncul dari hal-hal kecil, seperti kantung mata dan kuku rapuh.

Terakhir yaitu faktor kesehatan. Saat terdapat masalah di dalam tubuh, bisa dilihat dari bagian tubuh lainnya seperti mata. Seperti orang yang memiliki permasalahan kesehatan empedu kerap memiliki kantung pada bagian matanya.

Berdasarkan penyebabnya ini, tidak menutup kemungkinan kantung mata dapat dihilangkan. Setidaknya Anda dapat menyamarkan dengan melakukan kompres pada bagian mata menggunakan air dingin. Anda juga dapat menggunakan es batu untuk membuat bagian bawah mata Anda lebih cerah.

Namun, cara ini tentu tidak instan, lakukan secara rutin dan Anda bisa melihat hasilnya. Selamat mencoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.