Sukses

Miniatur Taman, Karya Seni Cantik Penghias Rumah

Miniatur merupakan karya seni alternatif yang bisa menjadi hiasan rumah Anda karena selalu sedap dipandang.

Liputan6.com, Jakarta Miniatur merupakan seni yang memadukan berbagai unsur rupa, yaitu berbagai tiruan objek dalam ukuran yang lebih kecil. Satu objek miniatur bagi sebagian besar orang tentu biasa saja, namun apa jadinya jika berbagai miniatur disatukan ke dalam bentuk taman mini. Tentu karya seni ini mampu menimbulkan kesenangan bagi orang yang melihatnya.

Muhaiminah Faiz, seorang kreator mengunggah hasil karya miniatur taman buatannya ke internet dan dilihat puluhan ribu orang. Dirinya berharap, karyanya mampu menginspirasi banyak orang untuk menciptakan hal serupa.

“Saya suka miniatur, saya selalu punya rencana membuat miniatur taman, dan saya senang berbagi kepada banyak orang cara membuatnya. Ini bisa menjadi proyek menyenangkan untuk dilakukan di akhir pekan,” ungkapnya, dikutip dari Instructables, Selasa (18/5/2016).

Berikut langkah mudah membuat miniatur taman untuk hiasan rumah Anda, seperti yang dilakukan Muhaiminah Faiz.

Bahan yang dibutuhkan untuk menciptakan miniatur taman sangat sederhana. Anda hanya perlu menyediakan beberapa bahan, antara lain ranting pohon, lidi, plastik, bebatual coral ukuran kecil, dan tanaman bonsai, serta pasir secukupnya.

foto: instructables.com

Langkah selanjutnya adalah membentuk miniatur properti taman, seperti ember siram, pagar, hingga bangku taman. Anda bisa menggunakan pisau karter untuk memotong ranting sebanyak 10 buah. tiga buah untuk kursi, empat buah untuk kaki, dan 3 lainnya digunakan untuk bagian belakang. Lakukan hal yang sama untuk membuat pagar sesuai dengan kreasi Anda.

foto: instructables.com

Untuk menghasilkan miniatur taman yang menarik, Muhaiminah Faiz mempunyai tips jitu. Tips tersebut antara lain, hiasi miniatur taman dengan tanaman sungguhan, bisa diambil dari beragam bonsai yang Anda sukai. Akan lebih baik jika tanaman dipilih dari jenis yang tidak terlalu membutuhkan perawatan lebih, seperti harus disiram tiap hari misalnya.

foto: instructables.com

Selain tanaman, Anda perlu menambahkan properti lainnya yang menurut Anda mampu menggambarkan karakter Anda, atau dengan menambahkan suatu miniatur yang Anda sukai. Dan yang terpenting adalah rawatlah taman mini yang telah dibuat seperti Anda merawat taman rumah sungguhan. Semprot lah tiap hari agar tanaman di miniatur taman Anda selalu segar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini