Sukses

Trik Ini Membuat Anda Menguasai Bahasa Baru dalam 7 Hari Saja

Trik sederhana berikut ini dapat membantu Anda menguasai bahasa baru hanya dalam waktu 7 hari.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang mungkin dilakukan dalam satu minggu? Jika Anda berharap dapat menguasai suatu hal dalam waktu 7 hari, Anda mungkin dapat mencoba cara sederhana berikut ini. 

Dilansir dari babbel.com, Rabu (18/5/2016), saudara kembar bernama Matthew dan Michael Youlden pergi ke Turki untuk mempelajari beberapa bahasa dalam waktu satu minggu. Mereka bersedia membebaskan diri dari berbagai gangguan kehidupan modern seperti gadget dan tekun belajar selama delapan jam dalam sehari.

1. Ketahui mengapa Anda harus belajar bahasa
Pertama kali yang harus dilakukan adalah memahami mengapa Anda harus mempelajari bahasa. Jika Anda telah mengetahuinya dengan jelas, maka Anda bisa mengatur cara untuk mencapainya tujuan tersebut. Mulailah dari satu bahasa yang paling sering Anda temui, dari percakapan orang-orang sekitar atau nama-nama tempat yang umum digunakan.

2. Membiasakan diri
Membiasakan diri dengan bahasa yang baru Anda pelajari bukan hanya dari percakapan sehari-hari, namun juga bisa dari coret-coretan yang Anda tempel di dinding kamar untuk memudahkan mengingat kosa kata tertentu. Semakin banyak dan sering Anda menemukan hal-hal ini, Anda akan semakin cepat terbiasa dan belajar menjadi lebih mudah.

3. Temukan seorang partner
Anda harus menemukan seorang partner yang bisa Anda ajak belajar bersama-sama atau memiliki keinginan yang sama dengan Anda, ini akan jauh lebih memudahkan proses belajar. Selain itu, Anda akan lebih termotivasi.

4. Siapkan motivasi kecil
Ini bisa berupa soal-soal yang tidak bisa Anda kerjakan dengan mudah. Atau taruhlah impian untuk mengunjungi negara yang bahasanya sedang Anda pelajari. Selain motivasi, ini juga dapat menjadi pengingat bahwa Anda harus lebih giat belajar, agar apa yang dicita-citakan tercapai.

5. 'Memakan' bahasa tersebut
Memakan di sini maksudnya adalah membiasakan diri lebih lanjut dengan bahasa yang sedang Anda pelajari. Anda harus mulai menonton TV, mendengarkan musik, membaca buku, berbicara, dan memesan makanan dengan bahasa yang sedang Anda pelajari. Ini akan membuat Anda semakin pasif dan cepat menguasai bahasa tersebut.

6. Gunakan apa yang sudah Anda ketahui
Ketika mempelajari bahasa baru, Anda akan menemukan beberapa kosa kata yang sama dengan bahasa ibu Anda, jadi jangan pernah melupakan apa yang sudah Anda ketahui, karena ini akan sangat membantu proses pembelajaran Anda.

7. Tambahkan variasi
Anda tidak harus belajar bahasa dari buku atau film di TV, semua hal dapat Anda gunakan untuk belajar. Misalnya dengan menonton konser musik, membacakan cerita untuk anak-anak, atau menjadi penyiar radio. Selain menarik, hal ini juga sangat menyenangkan untuk dilakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini