Sukses

Mengapa Kucing Suka Mencakar Benda Kesayangan Anda? Ini Alasannya

Salah satu kebiasaan aneh dan menjengkelkan yang kerap kucing lakukan adalah mencakar benda kesayangan Anda. Berikut alasannya.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda pecinta hewan, khususnya kucing, pasti tak asing dengan tingkah laku mereka yang selalu mencakar dan mengaruk beragam benda. Jangan tersinggung jika kucing Anda mencakar gorden atau mungkin sofa sampai rusak.

Ada beberapa alasan di balik perilaku yang aneh sekaligus menjengkelkan dari kucing tersebut. Seorang dokter hewan yang dijuluki "cat guru" bernama Dr. Tony Buffington mengatakan bahwa menggaruk menjadi bagian cara lama keluarga kucing untuk menjaga dan mengasah cakar mereka tetap tajam.

Seperti dilansir dari Huffingtonpost.com pada Selasa (17/5/2016), kegiatan menggaruk dan mencakar juga akan membantu kucing peliharaan menghilangkan stres yang kerap melanda. Kegiatan menggaruk dan mencakar yang dilakukan kucing rumahan ini bermanfaat bagi mereka dalam meregangkan otot punggung yang kaku.

Selain itu, menggaruk dan mencakar merupakan perilaku evolusioner bagi kucing untuk menandai wilayah mereka baik di luar atau di dalam rumah dari kucing lainnya. Bahkan sebuah organisasi pecinta hewan Humane Society merekomendasikan, jika kucing peliharaan menggaruk dan mencakar beragam benda yang ada di rumah Anda terlalu berlebihan untuk menutup permukaan barang berharga tersebut dengan selotip atau alumunium foil agar tidak rusak.

Anda juga bisa membeli atau membuat sendiri mainan yang ditujukan bagi kucing kesayangan agar ia bebas mencakar dan menggaruknya tanpa harus khawatir rusak. Mainan bernama cat nip tersebut bisa dijadikan sarana latihan bagi kucing Anda agar tidak stres.

Berikut video selengkapnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.