Sukses

Dirusak Turis, Pulau di Thailand Tutup Sementara

Tren selfie di objek wisata alam yang semakin populer berdampak pada rusaknya pulau Koh Tachai di Thailand.

Liputan6.com, Jakarta Media sosial memiliki pengaruh besar bagi berbagai aspek kehidupan, mulai dari politik, ekonomi, sosial, budaya, sampai industri pariwisata. Banyak tempat-tempat baru dengan pemandangan indah baik pegunungan dan pantai yang dipublikasikan lewat media sosial menjadi ramai dikunjungi turis, seperti pulau Koh Tachai di Thailand salah satunya.

Koh Tachai memang menjadi salah satu pulau menawan yang ada di Thailand. Namun, semenjak banyaknya turis yang berdatangan, pulau ini tidak seindah dulu, saat belum populer di media sosial.

Seperti dilaporkan Bangkok Post, Selasa (17/5/2016), pulau Koh Tachai yang rusak membuat destinasi wisata alam tersebut ditutup untuk sementara waktu. Banyak terumbu karang yang rusak karena aktivitas menyelam dan snorkeling para turis yang tidak bertanggung jawab.

Para pejabat setempat memutuskan untuk menyelamatkan pulau tersebut dari popularitasnyanya sendiri. Bahkan dari total 1.000 wisatawan yang hendak datang kesana, pihak pemerintah setempat hanya memperbolehkan 70 orang saja.

Banyaknya turis yang datang menyebabkan kerusakan lingkungan (sumber. Huffingtonpost.com)

Menurut Thon Thamrongnawasawat, wakil dekan di Bangkok Kasetsart University saat diwawancara mengatakan, kedatangan para wisatawan yang tergolong membludak dapat menyebabkan ekosistem alami di pulau tersebut semakin memburuk.

"Pada dasarnya, Koh Tachai itu adalah zona primitif yang dilindungi, bukan daerah pariwisata," terang Thamrongnawasawat yang juga wakil dekan Fakultas Perikanan di Universitas Kasetsart.

"Pantai di pulau itu sejatinya hanya bisa menampung 70 orang saja. Tapi kebanyakan lebih dari 1.000 turis datang. Belum lagi pedagang asongan, kedai-kedai, dan kapal-kapal kelompok turis. Ini yang membuat pulau itu lama-kelamaan hancur," ujar dosen pria itu kesal.

"Kalau kita tidak tutup sekarang, kita akan kehilangan Koh Tachai selamanya," tutupnya.

 

 

I need more sun 🌴☀️#nofilterneededforthisbeauty #islandmode

A photo posted by thawanrat yuyen (@boombeamthyy) on

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini