Sukses

Aksi Keren Wastra Nusantara pada Siluet Busana Modern

Amanda Hartanto berhasil menyulap kain wastra nusantara dalam siluet busana modern, yang apik dikenakan untuk busana sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda pencinta wastra nusantara dan busana bergaya etnik modern dengan potongan edgy, pasti akan terpikat dengan rangkaian koleksi busana dari Amanda Hartanto Batik. Sebuah brand yang didirikan oleh Amanda Hartanto sejak 2011 ini bisa menjadi pilihan untuk bergaya sehari-hari.

Dilansir dari rilis yang diterima oleh Liputan6.com pada hari Rabu (18/5/2016) Amanda yang sudah terlanjur jatuh cinta dengan dunia tekstil sejak mengenyam pendidikan Kriya Tekstil Institut Teknologi Bandung, dan Master of Fashion Institut Teknologi Bandung ini awalnya merancang beragam kain batik dan busana bermaterial batik untuk brand Amanda Hartanto Batik. Amanda yang juga pernah mendapat kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pelajar ke Kasetsaart University Bangkok, Thailand untuk mempelajari fashion branding dan merchandising memiliki bekal ilmu yang cukup kuat untuk membangun sebuah brand batik yang terus berjalan hingga saat ini.

Amanda Hartanto, perancang dan pemilik brand Amanda Hartanto Batik

Seakan tak ingin berhenti untuk berinovasi, saat ini selain bergelut di bidang batik Amanda juga mulai bereksperimen dengan teknik pewarnaan kain yang menggunakan bahan alami daun indigo, bernama Shibori. Salah satu teknik pewarnaan celup ikat dari Jepang ini khas dengan aksen warna yang lembut, tak merata namun terlihat menarik dan sophisticated. Berbeda dengan pembuatan kain batik dengan cara dilukis, ditulis atau digambar, yang menarik dalam proses pewarnaan dan pembuatan pola corak pada kain dengan teknik Shibori ini adalah dengan cara diikat menggunakan tali. Motif dan corak indah dan keren akan terbentuk dari kemahiran seseorang mengikat dan mencelup warna pada kain. Setidaknya sudah ada dua koleksi yang ia garap menggunakan kain dengan berbagai macam teknik Shibori.

Shibori, teknik pewarnaan kain yang menggunakan teknik diikat dan dicelup.

Keseluruan koleksi busana dari brand Amanda Hartanto Batik dikemas dalam gaya pakaian ready to wear yang chic dan modern. Koleksi terkini yang baru saja rampung merupakan hasil kolaborasi dengan blogger muda bernama Ayla Dimitri bertajuk “Amanda Hartantobatik x Ayla Dimitri” yang juga mengusung kain wastra nusantara lain, yaitu tenun. Pada koleksi ini siluet busana ready to wear seperti blazer, atasan hingga celana memiliki aksen kain tenun yang terlihat apik untuk digunakan sehari-hari. Untuk Anda yang penasaran dengan koleksi busana karya Amanda Hartanto dapat langsung mengintip akun Instagram @amandahartantobatik. 

Koleksi dengan sentuhan tenun hasil dari kolaborasi Amanda Hartanto dengan Blogger Indonesia, Ayla Dimitri.

Siluet busana kasual dan ready to wear dengan aksen kain tenun yang indah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini