Sukses

10 Tempat Mengerikan Sekaligus Menakjubkan yang Terbuat dari Kaca

Berbagai tempat ini dibangun dengan struktur kaca yang memungkinkan pengunjungnya melihat panorama keindahan sekelilingnya.

Liputan6.com, Jakarta Tak jarang wisatawan mempertaruhkan hidupnya dengan mendaki gunung atau menerjang air terjun, dan rela menanggung segala risiko hanya untuk mendapatkan gambar menarik yang pantas diunggah ke Instagram. Namun kemajuan zaman membuat Anda tak perlu lagi menanggung risiko yang besar hanya untuk mendapatkan gambar pemandangan alam yang menawan, mengingat kini banyak bangunan tepi tebing yang sengaja dibuat.

Seperti yang dikutip dari laman weather, Selasa (17/5/2016), berbagai bangunan tepi tebing dirancang dengan modern. Mulai dari platform berbentuk lima jari yang bagaikan keluar dari pegunungan Alpen, hingga jembatan kaca yang hadir di beberapa negara, membuat wisatawan mampu menjepret pemandangan alam menawan tanpa harus menanggung banyak risiko.

Berikut beberapa tempat buatan menarik yang bisa dijadikan lokasi pengambilan gambar tanpa perlu ambil banyak risiko, terlebih berbagai tempat ini terbuat dari kaca.

Longgan Scenic Spot Viewing Platform, Tiongkok

foto: weather

Dibuka untuk umum pada Mei 2015, platform kaca yang berbentuk tapal kuda ini berada di tepi gunung wilayah Chongqing, barat daya Tiongkok. Menurut berita lokal, platform Longgang Scenic Spot tebuat dari kaca sehingga memungkinkan wisatawan menyaksikan pemandangan pegunungan yang yang indah dari ketinggian 2.355 kaki di atas permukaan laut.

Aurland Lookout, Norwegia

foto: weather

Aurland Lookout dibangun arsitek Todd Saunders dan Tommie Wilhemlsen sebagai bagian dari program nasional pemerintah Norwegia. Desain yang unik terbuat dari kayu menjadikan gardu pandang ini berbeda dari yang lainnya. Bentuk miringnya hanya dilapisi panel tipis kaca membuat wisatawan seolah dekat dengan alam tanpa sekat. Namun sang desainer menjamin tempat ini aman dari segala risiko.

Alpspix Platform, Garmisch-Partenkirchen, Jerman

foto: weather

Berlokasi di puncak gunung Osterfelderkopf di Garmisch-Partenkirchen, Jerman, platform Alpspix dibuka untuk umum pada Juli 2010. Melayang di ketinggian 3.280 kaki, gardu pandang ini menawarkan pemandangan alam Hollental Valley yang menakjubkan. Struktur platform terbuat dari baja, dengan lapisan kaca. Yang menarik, saat musim dingin, salju akan turun memenuhi gardu pandang ini.

Five Fingers Platform, Austria

foto: weather

Seperti namanya, bentuk gardu pandang ini bagaikan lima jari manusia. Berada di ketinggian 1.300 kaki di atas danau Hallstattersee, dilengkapi platform tiap jari yang memiliki panjang 12 kaki, membuat FiveFingers Platform menjadi tempat paling populer untuk mengabadikan gambar alam yang menakjubkan. Tak hany itu, di malam hari, gardu pandang ini tampak eksotis dari kejauahan dengan bantuan lampu-lampu yang menerangi tiap sudutnya.

Grand Canyon Skywalk, Arizona

foto: weather

Siapa yang tidak kenal dengan Grand Canyon Skywalk? Gardu pandang berbentuk tapal kuda ini membentang di atas ngarai yang msenawarkan pemandangan alam paling spektakuler dari salah satu keajaiban dunia. Diresmikan 9 tahun lalu, lapisan bawah platform yang terbuat dari kaca memungkinkan pengunjung menyaksikan pemandangan sungai Colorado dari ketinggian 4.000 kaki. Fakta penelitian mengungkap, Grand Canyon Skywalk mampu menahan beban setara pesawat boeing 747 atau gempa bumi berkekuatan 8 SR.

Glass Ledge, Chicago

foto: weather

Apakah Anda pernah membayangkan berada di dalam kotak kaca di ketinggian 1.353 kaki di atas kota Chicago? Diresmkian pada 2009, Glass Ledge menjadi salah satu destinasi wisata memukau yang mendapat banyak kunjungan wisatawan tiap tahun. Empat balkon kaca dengan panjang sekitar 4,3 kaki mampu menampung pengunjung dengan berat total sekitar 10 ribu pon.

CN Tower Glass Floor, Kanada

foto: weather

Menurut pemberitaan, Glass Floor di CN Towes menjadi gardu pandang kaca pertama di dunia yang resmi berdiri pada 1994. Berada pada ketinggian 1.122 kaki, tempat ini menjadi salah satu bangunan kaca tertinggi yang pernah ada di dunia. Menggunakan struktur kaca yang kuat, lantai menara ini bisa menopang hingga 14 ekor kuda nil besar.

Top of Tyrol, Stubai Glacier, Austria

foto: weather

Terletak di ketinggian 10 ribu kaki di atas gletser Stubai, gardu pandang ini menawarkan keindahan panorama 360 derajat. Menjorok sekitar 20 kaki di atas jurang, struktur platform menggunakan bahan baja yang kuat.

Sky Garden, Inggris

foto: weather

Sky Garden yang berlokasi di London meliputi tiga lantai yang menawarkan pemandangan kota London dari ketinggian. Dilengkapi dengan taman yang indah dan teras terbuka, Sky Garden menjadi lokasi yang cocok bagi mereka yang mendabakan tempat hening untuk berwisata. Yang menarik dari taman Sky Garden adalah tanamannya yang berasal dari spesies Mediterania dan Afrika yang tahan dari kekeringan.

Clingmans Dome Observation Deck, Great Smoky Mountains, Tennessee

foto: weather

Clingmans Dome yang berada di titik tertinggi Great Smoky Mountains National Park lebih dari sekadar lokasi wisata, tempat ini juga menjadi tempat observasi berbagai spesies yang ada di kawasan taman nasional. Dari atas menara ini, tiap pengunjung dapat mengamati keindahan di segala penjuru taman nasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini