Sukses

Usir Panik dalam 12 Detik dengan Teknik Ini

Cara mengendalikan panik dan cemas sangat mudah, tetapi belum semua orang mengetahuinya.

Liputan6.com, Jakarta Panik dan cemas bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mengendalikannya.

Ternyata cara mengendalikan panik dan cemas sangat mudah, tetapi belum semua orang mengetahuinya. Cara mudah itu adalah bernapas. Ya, sesederhana bernapas dalam dan pelan, itu bisa membuat Anda rileks. 

Namun, seringkali itu tidak cukup. Mengingatkan diri untuk bernapas saja belum cukup untuk mengalihkan pikiran Anda dari serangan panik. Karenanya, dibutuhkan teknik yang benar untuk bernapas yakni dengan membuang napas lebih lama daripada menarik napas.

Dikutip dari laman Metro, Kamis (12/5/2016), teknik bernapas ini begitu sederhana. Hal yang perlu Anda lakukan yakni mengambil napas dalam-dalam kemudian membuangnya lebih lama daripada waktu Anda mengambilnya.

Bahkan, waktu yang dibutuhkan untuk membuang napas dua kali lebih lama daripada waktu mengambilnya. Jadi ketika mengambil napas dalam hitungan empat, maka Anda membuang napas dalam hitungan delapan.

Teknik ini membantu tubuh berpikir untuk tenang, istirahat, dan berganti dari sistem simpatik menjadi parasimpatik. Bernapas juga bisa membantu tubuh fokus pada sesuatu yang sedang dilakukan, bukan pada penyebab tubuh menjadi panik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.