Sukses

Stres? Atasi dengan Makanan Ini

Anda sering merasa stres? Sekarang Anda dapat mengatasinya dengan beberapa makanan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Apapun itu penyebabnya, Anda pasti pernah merasakan stres, entah karena pekerjaan yang menumpuk di kantor, pindah ke rumah baru, atau dihantui dengan tagihan kartu kredit.

Stres mengakibatkan perasaan Anda tertekan, memicu jantung Anda berpacu lebih cepat, dan otot menegang. Jika dibiarkan, stres hanya akan membuat kondisi kesehatan Anda memburuk. Lantas, bagaimana cara mengatasi hal ini?

Dilansir dari ehow.com, Kamis (12/5/2016), ternyata Anda dapat mengatasi stres dengan beberapa makanan ini. Apa saja? Simak di sini.

1. Dark chocolate
Mungkin Anda sudah mengetahuinya, cokelat adalah makanan paling ampuh untuk melepaskan stres. Resveratrol dan antioksidan yang terkandung di dalam cokelat dapat merangsang pelepasan serotonin di otak, mengubah suasana hati menjadi rileks dan bahagia. Selain itu, ternyata nutrisi dalam dark chocolate juga dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

2. Ikan salmon
Pembuktian yang dilakukan oleh para peneliti menemukan bahwa omega 3 yang terkandung dalam ikan salmon tidak hanya baik untuk jantung, namun juga dapat membantu Anda dalam mengelola rasa stres. Asam lemak esensial di dalam ikan salmon dapat melindungi neuron dari kerusakan yang disebabkan oleh stres. Anda disarankan untuk mengkonsumsi ikan salmon, atau jenis lainnya, seperti tuna atau sarden, sebanyak dua kali dalam seminggu.

3. Pisang
Pisang tidak hanya dikenal rendah kalori, namun juga merupakan salah satu makanan yang baik untuk mengurangi stres. Kekurangan vitamin B6 dapat menurunkan produksi serotonin, sehingga mengkonsumsi pisang sebagai asupan makanan sehari-hari dapat menjaga tingkat vitamin B6 dan serotonin dalam tubuh. Selain itu, pisang juga kaya akan kalium, sebuah nutrisi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

4. Sayuran
Kortisol merupakan hormon utama yang bertanggung jawab sebagai respon stres. Kortisol bertugas menyiapkan glukosa yang dibutuhkan tubuh segera setelah mengalami stres. ketika Anda stres, tubuh kekurangan magnesium dan hal ini akan membuat Anda rentan terhadap rasa stres.
Anda disarankan untuk memakan sayuran setiap hari agar mendapatkan asupan magnesium yang cukup untuk keseimbangan kadar kortisol dan mengurangi kecemasan akibat stres.

5. Teh hijau dan teh hitam
Teh hijau atau teh hitam mengandung asam amino L-theanine yang berfungsi meningkatkan dopamin dan produksi serotonin. Sama halnya dengan serotonin, dopamin merupakan bahan kimia yang baik untuk mempromosikan rasa senang di otak. Anda tidak perlu khawatir, walaupun terkadang teh hijau memiliki lebih banyak kafein daripada secangkir kopi, L-theanine dapat menjadi stimulan untuk perasaan senang dan relaksasi pada beberapa orang.

6. Paprika merah
Ternyata, paprika merah tidak hanya berguna untuk menambah cita rasa masakan, namun juga meningkatkan kekebalan tubuh dan menurunkan stres. Dalam satu porsi masakan paprika merah memiliki lebih banyak vitamin C yang dapat menurunkan kadar kortisol. Paprika merah sangat dianjurkan untuk para pria yang memiliki kadar kortisol lebih tinggi daripada wanita.

7. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan adalah makanan yang kaya akan vitamin B. Vitamin B memiliki peran penting untuk manajemen stres. Tidak hanya itu, kacang-kacangan juga tinggi serat, protein, dan zat besi.
Untuk mendapatkan cita rasa yang lebih baik, Anda dapat memasak kacang-kacangan menjadi sup atau salad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini